ZIARAH MAKAM SENIMAN DALAM RANGKA HARLAH KE-70 ASRI

Dalam rangka memperingati Harlah ASRI ke 70,  Fakultas Seni Rupa mengadakan kegiatan ziarah ke makam R. J. Katamsi (direktur pertama ASRI) dan makam seniman Giri Sapto di Imogiri. Ziarah ke makam seniman ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2020, bertepatan dengan hari ulang tahun Fakuktas Seni Rupa , ISI Yogyakarta. Kegiatan ziarah ini diikuti oleh 50 orang terdiri dari dosen, karyawan, alumni, dan mahasiswa. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Harlah ASRI ke 70 yang memilih tema “Lintasan Cita dan Cipta Seni Rupa”. Kegiatan lain yang merupakan rangkaian cara Harlah ASRI ke 70 antara lain, peluncuran buku, pemberian penghargaan Pratisara ASRI kepada alumni berdedikasi, dan pameran.

Pada ziarah di makam R. J. Katamsi yang terletak di makam Kerkhof atau Sasanalaya sebelah Timur Purawisata Yogyakarta. Pada ziarah tersebut dilakukan pemasangan lambang ASRI sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya. Lambang ASRI yang terpasang pada makam diresmikan oleh Dr. Suastiwi, M. Hum sebagai Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta yang didampingi Nano Warsono, M. Sn sebagai ketua panitia Harlah ASRI ke 70. Selanjutnya dilakukan tabur bunga dan doa oleh seluruh peserta ziarah.

Pada Ziarah di kompleks makam seniman Giri Sapto dilakukan tabur bunga dilanjutkan sarasehan peserta ziarah dengan Yani Sapto Hoedojo selaku istri penggagas terbangunnya makam seniman. Sarasehan ini mengungkap gagasan dan sejarah pembangunan makam yang dipelopori seniman Sapto Hoedojo.

Tujuan diselenggarakannya ziarah ini adalah untuk merefleksi kembali semangat juang seniman Indonesia, khususnya yang pernah bersama-sama dalam keluarga ASRI atau sekarang Fakultas Seni Rupa Indonesia. Refleksi ini memiliki dua makna yang sangat penting bagi perjalanan sebuah bangsa. Makna pertama adalah memahami peran dan perjuangan seniman mulai saat Bangsa Indonesia menyiapkan pondasi kebangsaan yang kokoh sampai dengan melanjutkan pembangunannya. Makna kedua adalah membangun cita-cita generasi penerus untuk selalu berkarya dengan semangat melanjutkan perjuangan generasi awal.