Workshop Revitalisasi Lab Bahasa Bagi Civitas Akademika ISI Yogyakarta

InfoKomentar Dinonaktifkan pada Workshop Revitalisasi Lab Bahasa Bagi Civitas Akademika ISI Yogyakarta

Workshop Revitalisasi Lab Bahasa Bagi Civitas Akademika ISI Yogyakarta

Perkembangan teknologi informasi saat ini sedemikian pesatnya sehingga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah aspek pendidikan, karena memberikan sumbangan nyata beragam inovasi dalam proses belajar mengajar. Untuk mendukung proses belajar mengajar sangat dibutuhkan teknologi informasi salah satunya dalam  penguasaan bahasa, dalam hal ini bahasa Inggris. Oleh karena itu penguasaan bahasa Inggris pada dunia akademik, sangat menentukan kualitas SDM dan kehidupan akademis yang terlibat secara langsung pada proses penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri, yaitu mahasiswa dan dosen. Sehingga dalam pengembangan akademis pada tingkat mahasiswa, misalnya, dalam sistem pendidikan diantisipasi dengan pemberian mata kuliah umum bahasa Inggris di hampir setiap fakultas di lingkungan ISI Yogyakarta. Walaupun sudah diberikan kuliah selama rata-rata satu semester, hal ini belum terasa cukup bagi mereka dan pelatihan bahasa bagi kalangan dosen belum mendapatkan perhatian.

Melalui perangkat lunak khusus yang dirancang untuk pembelajaran bahasa, sebuah lab komputer multimedia dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk pembelajaran bahasa apapun sesuai kebutuhan lembaga.

Saat ini Lab Bahasa di ISI Yogyakarta sudah ada, tetapi masih bayak yang harus dibenahi, berkaitan dengan tempat dan peralatan yang digunakan. Berkaitan dengan hal tersebut maka di selenggarakan kegiatan Workshop Rebitalisasi Lab Bahasa bagi Civitas Akademika ISI Yogyakarta dengan tema ”Pentingnya Lab Bahasa dalam program pembinaan dan pengajaran guna peningkatan kemampuan bahasa asing bagi civitas akademika di lingkungan Institut Seni Indonesia Yogyakarta”.

Workshop kali ini sungguh berbeda dengan kegiatan workshop yang lain. Format acara workshop ini menggunakan metode brainstrorming yang di kendalikan oleh seorang moderator sebagai fasilitator dan organisator kegiatan diskusi dengan menghimpun dan mengarahkan diskusi agar diakhir kegiatan terdapat sebuah kesimpulan dan rekomendasi-rekomendasi. Kesimpulan dan rekomendasi  yang diperoleh merupakan kesepakatan dari para peserta diskusi.

Kegiatan Worskhop Revitalisasi Lab Bahasa Bagi Civitas Akademika ISI Yogyakarta  dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 17 Desember 2012, di Hotel Ros In Yogyakarta dengan peserta Pejabat Struktural di Lingkungan ISI Yogyakarta.

Pada kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber antara lain :
1. Dra. Rustiana, M.Si.  (Kepala Pusat Bahasa Universitas Atmajaya Yogyakarta)
2. Drs. Pius Nurwidasa P., M.Ed., Ed.D. (Dosen FKIP Universitas Sanata DharmaYogyakarta)

Dokumentasi Kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.