Sejumlah 22 dosen Fakultas Seni Rupa ISI Yogakarta berpartisipasi dalam workshop penulisan jurnal terindeks scopus. Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang penulisan karya ilmiah terindeks scopus. Beliau adalah Dr. Jumintono Suwardi Joyo Sumarto, M.Pd. (Dosen Universiti Tun Hussein Onn Malaysia). Pelatihan penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh bidang pendidikan fakultas ini diketuai oleh Dr. Yulriawan, M.Hum, yang juga merupakan Pembantu Dekan I FSR ISI Yogyakarta. Pelatihan diselenggarakan pada 2 – 4 April 2021 secara luring, terbatas dengan protokol kesehatan ketat di Gedung Sasana Ajiyasa Lt.II Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta.

Workshop tersebut direncanakan dalam 3 tahap. Tahap I diikuti dosen yang bergelar doktor dan beberapa dosen yang sedang melanjutkan studi S3. Tahap ke 2 untuk dosen yang dengan jabatan Ketua Jurusan/Prodi dan yang memiliki pangkat sebagai lektor, Tahap ke 3 untuk dosen yunior di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta.

Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kuantitas dan kualitas penulisan jurnal International juga meningkatkan motivasi dosen untuk menulis karya ilmiah, sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan nilai akreditasi.

Dr. Timbul Raharjo, M.Hum. selaku Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta menegaskan bahwa penulisan jurnal internasional itu penting terutama bagi dosen yang ingin naik pangkat ke Kepala Lektor. ” Oleh sebab itu dengan diadakan agenda ini diharapkan para dosen segera mempublikasikan jurnal internasional minimal jurnal terakreditasi

Dalam pemaparannya Dr. Jumintono Suwardi Joyo Sumarto, M.Pd. selaku pembicara menegaskan bahwa “Scopus adalah anugerah”. Sehingga tidak ada lagi yang harus ditakuti oleh dosen perihal Scopus. Dengan meningkatnya artikel jurnal yang terindeks Scopus oleh para dosen, maka kualitas, akreditasi, dan kemudahan kenaikan jabatan SDM di lingkungan kampus dapat ditingkatkan lebih cepat.