Evaluasi Kurikulum Berbasis Outcome dan Arah ke depan menuju Akreditasi Internasional. Agenda bidang Akademik FSR ISI Yogyakarta tahun 2019 ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2019 di Gedung Sasana Ajiyasa FSR ISI Yogyakarta dengan mengundang narasumber yang kompeten yaitu Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc. pengajar dari Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ketua Penjaminan Mutu (KJM) UGM pada tahun 2014-2019, juga salah satu asesor ASEAN University Network (AUN), Lead Auditor ISO-9001. Agenda ini dihadiri oleh semua pimpinan dan para tim Task Force dari 7 Program Studi FSR ISI Yogyakarta.
Perkembangan IPTEKS telah memasuki era revolusi industri 4.0 ini membawa perubahan dalam sistem maupun metode pembelajaran di perguruan tinggi. Pertanyaan yang perlu dijawab dalam kegiatan Workshop dan Bimbingan Teknis Evaluasi Kurikulum ini adalah bagaimana orientasi kurikulum di era revolusi industri 4.0 yang dikembangkan oleh Direktorat Belmawa Kemenristekdikti dan realisasinya dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang seni.
Tidak dipungkiri juga bahwa perguruan tinggi juga harus mampu berdaya saing internasional, dimana harus terus meningkatkan kualitas atau standar pengakuan atau rekognisi akreditasi internasional. Melalui Evaluasi Kurikulum di FSR ISI Yogyakarta ini juga diharapkan mempersiapkan perubahan kurikulum yang berorientasi pada capaian standar akreditasi internasional.
Pada kegiatan Evaluasi Kurikulum ini diharapkan para pimpinan Jurusan, Program Studi, tim Task Force dan pimpinan Fakultas mendapat pembimbingan secara komprehensif mengenai tahap-tahap pembentukan Kurikulum berdasarkan KKNI, sistem evaluasinya menuju perubahan Kurikulum memasuki tahun 2020.
Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta memiliki empat jurusan, yaitu Jurusan Seni Murni, Jurusan Seni Kriya, Jurusan Desain dan Jurusan Tatakelola Seni serta memiliki empat Program Studi yaitu Prodi Batik dan Fashion, Prodi Desain Interior, Prodi Desain Komunikasi Visual dan Prodi Desain Poduk .
Jurusan dan Prodi tersebut merupakan unsur-unsur yang mempunyai hubungan hirarkhis (taksonomis) yang bersumber pada bidang ilmu seni rupa, tetapi masing-masing mempunyai kekhasan pada konsep, fungsi, terap-an, motivasi penciptaan, bentuk, maupun material dan tekniknya.
Dengan kata lain, jurusan-jurusan itu merupakan ranting atau unsur taksonomi dari cabang seni rupa, dan tumbuh dari pohon ilmu seni.
© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.