Pada hari Jumat, 3 Juli 2020 pukul 09.00 – 11.00 WIB, ISI Yogyakarta menyelenggarakan Webinar dengan tema Diskusi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Pembicara untuk webinar ini adalah Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. (Tim Sosialisasi Kampus Merdeka DIKTI) dan moderator oleh Hangga Hardhika, S.Sn., M.Ds. (Kepala UPT Pusat Pengembangan Pendidikan ISI Yogyakarta). Webinar dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor 1, Pembantu Rektor 2, Senat Akademik, Tim Task Force Kurikulum, serta para Ketua Program Studi di lingkungan ISI Yogyakarta. Diskusi diawali oleh pemaparan dari pembicara dan dilajutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta webinar.

Kurikulum Kampus Merdeka direncanakan terlaksana pada tahun ajaran 2021/2022, oleh sebab itu perlu persiapan matang demi suksesnya program tersebut. Dalam diskusi ini dibahas beberapa hal mulai dari 8 program kampus merdeka yang terdiri dari: pertukaran pelajar, magang, proyek kemanusiaan, asisten riset, proyek independent mahasiswa, mahasiswa wirausaha, dan membangun desa. Hal lain yang dibahas di antaranya adalah masalah teknis pembagian SKS antara Mata Kuliah yang sesuai Body of Knowledge Program Studi dengan SKS Program Kampus Merdeka, masalah teknis biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa serta masalah teknis tentang konversi mata kuliah.

Diskusi berlangsung sangat menarik dengan beberapa pertanyaan dari para Ketua Program Studi maupun Anggota Senat Akademik. Setelah pelaksanaan Webinar Diskusi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum menginstruksikan kepada Tim Task Force Kurikulum ISI Yogyakarta untuk segera mempersiapkan serangkaian langkah kebijakan untuk mempersiapan pelaksanaan Kurikulum Kampus Merdeka ISI Yogyakarta.::