Sosialisasi Program Merdeka Belajar

Jumat, 9 Juli 2021, melalui ruang aplikasi zoom, program Studi Desain Komunikasi Visual mengadakan sosialisasi terkait peralihan kurikulum dari KKNI (Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) ke MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) yang akan dilaksanakan. Hal ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait pelaksanaan MBKM nantinya.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari prodi DKV juga diikuti oleh para dosen dkv.

Seperti yang disampaikan oleh kaprodi DKV ISI Jogja, Daru Tunggul Aji menuturkan bahwa Sosialisasi ini perlu dilakukan, mengingat penerapaan MBKM semakin dekat, dan banyak hal yang perlu disampaikan oleh prodi terkait perubahan SKS, pergeseran mata kuliah, munculnya mata kuliah baru atau terkait pilihan program-program merdeka belajar, kampus merdeka.

Kebetulan untuk MBKM besok, prodi DKV mengambil empat program, yakni pertukaran mahasiswa, proyek indipenden, magang/praktik kerja, dan penelitian/riset.

MBKM ini keharusan, jadi harus kita laksanakan. Kita sudah menyiapkan kerja sama dengan beberapa institusi, baik PT lain, Non PT, maupun dunia industri. Untuk prosede teknisnya tim taskforce sudah menyiapkan segala sesuatunya sehingga akan memudahkan teman-teman mahasiswa, Ujar Indiria Maharsi, selaku Tim taskforce MBKM.

Selain itu, prodi dkv juga memberikan pemahaman ke mahasiswa terkait pentingnya kegiatan non akademik, ataupun kegiatan ekstrakurikuler. Mahasiswa diharapkan turut berperan aktif dalam kegiatan-kegiataan, seperti lomba-lomba. Nantinya karya-karya lomba mahasiswa akan diseleksi kembali oleh prodi untuk diberikan penghargaan di akhir tahun. Selain itu jika sekupnya nasional atau internasional, maka mahasiswa bisa mengajukan untuk pengkonversian ke nilai mata kuliah.