Mata Kuliah Aplikasi Komputer I adalah mata kuliah yang mempelajari  program grafis untuk bidang seni kriya. Mata kuliah ini mempelajari teknik menggambar dan mendesain obyek-obyek seni kriya dua dimensi dengan menggunakan software program grafis Corel Draw dan Adobe Photoshop. Standarisasi kompetensi mata kuliah Aplikasi Komputer I ini adalah:

1.  Mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang program grafis di Corel Draw dan Adobe Photoshop .

2.  Mahasiswa memiliki wawasan tentang aspek-aspek yang berkaitan dengan masalah teknik menggambar dan mendesain program Corel Draw dan Adobe Photoshop.

3.  Mahasiswa mampu mengoperasikan/menjalankan program grafis pada Corel Draw dan Adobe Photoshop untuk mendesain karya seni kriya.

4.  Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan berbagai teknik menggambar  dan mendesai karya seni kriya pada program Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Pada kondisi perkuliahan normal, mahasiswa kriya diwajibkan hadir seminggu sekali di ruang studio komputer Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia. Berhubung fasilitas komputer yang terbatas dibandingkan dengan  jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini, maka mahasiswa dipecah menjadi tiga kelas. Perkuliahan praktek aplikasi ini dilaksanakan setiap hari selasa dan jumat pagi dan jumat siang.

Sementara itu dalam kondisi pandemic covid-19 saat ini, metode pembelajaran dirubah menjadi sistem daring (dalam jaringan). Perkuliahan daring merupakan sistem berbasis online dengan menggunakan Whatsapp Group sebagai media pembelajarannya. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini setiap pertemuan mendapatkan materi kuliah berupa penjelasan tugas berupa PDF,  video tutorial, dan tugas mingguan yang diberikan oleh dosen pengampu, semua tugas dan instruksi disampaikan pada Whatshapp Group Kelas. Tugas mingguan yang diberikan adalah tugas yang terkait dengan teknik-teknik pembentukan obyek seni kriya dari yang sederhana sampai ke obyek yang lebih rumit dan kompleks. Pengumpulan tugas mingguan dikumpulkan ke dosen pengampu melalui email.

Sebagai tugas akhir semester, yang sekaligus sebagai tugas Ujian Akhir Semester, mahasiswa diwajibkan merancang desain yang nantinya desain tersebut diwujudkan menjadi benda prototype. Dalam hal ini mahasiswa ditugaskan untuk membuat rancangan desain pashmina atau selendang bermotif abstrak dengan menggunakan kain polyester berukuran 50 cm x 150 cm. Untuk memperlancar proses perwujudan tugas tersebut mahasiswa dipandu dosen pengampu dari proses desain sampai dengan proses printing.

Dalam proses evaluasi dan penilaian, mahasiswa diharuskan mengumpulkan hasil tugas dan rancangan desain yang akan diwujudkan. Setelah proses printing selesai dilakukan, mahasiswa harus memotret hasil karyanya dan kemudian mengirimkan foto tersebut kepada dosen pengampu melalui email. Penilaian diambil dari kehadiran 10%, tugas mingguan 30%, ujian tengah semester 30%, dan ujian akhir semester 30%. Berdasarkan evaluasi proses pembelajaran dengan metode daring di atas, dapat dinilai 95% berjalan dengan baik. Mahasiswa dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar.  Sebagian besar mahasiswa mengumpulkan tugas sesuai dengan ketentuan. Hanya ada 3 mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus karena mengundurkan diri