Tonggak: Pendiri dan Pembangun ASRI
20 November – 30 November 2020
Galeri RJ Katamsi
ISI Yogyakarta

Pameran ini memamerkan karya-karya para pendiri dan pembangun Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI). Sebagai perguruan tinggi seni pertama yang didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia, ASRI dibentuk dalam suasana pergolakan semangat kebangsaan. Pada awal pembentukannya, sistem pendidikan ASRI dilaksanakan dalam suasana yang penuh keterbatasan, karena sarana dan prasarana yang belum memadai, tetapi semangat para siswa awal dan pengajar pada masa itu membentuk landasan pola pengajaran seni rupa hingga masa kini dan terus berkembang sesuai perubahan dan perkembangan zaman.

Pameran ini berupaya menampilkan karya-karya dan dokumentasi pengajar ASRI, antara lain: Abas Alibasyah, Abdul Kadir, Abdul Salam, Djajengasmoro, Edhi Sunarso, Fadjar Sidik, G. Sidharta Soegijo, Hendra Gunawan, Hendro Jasmoro, Kusnadi, Lian Sahar, RJ Katamsi, Rusli, Saptohoedojo, Soedarso, Suromo, Sutopo, Suwaji, Trubus Soedarsono, Wardoyo, dan Widayat.
Pameran ini juga menampilkan karya-karya studi siswa-siswi dekade pertama ASRI. Ekspresi realisme yang bertendensi untuk menampilkan realitas sosial nampak pada karya-karya yang dikerjakan melalui sistem projek global, yaitu sistem pengajaran yang mengutamakan penggambaran spontan terhadap objek langsung.

Forum Diskusi Seni dan Kebangsaan, dengan tema: “Sejarah ASRI, Memahami Indonesia Melalui Pendidikan Seni Rupa”, 27 November 2020.
Kurator bicara 24 November 2020.
Gerbang Kongres Kebudayaan oleh: Farid Stevy Asta.

Kurator pameran:
Suastiwi Triatmodjo, Suwarno Wisetrotomo, Sujud Dartanto, dan Umar Hadi.
Asisten Kurator: Tomi Firdaus
Narahubung: +62 857-2994-2469 (depatya)

Dipersembahkan oleh:
Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

diidukung oleh:
OHD Museum, Taman Budaya Yogyakarta, Nasirun Studio, Griya Seni Hj. Kustiyah, Saptohoedojo Art Gallery.