Konservasi Seni

Ketua Program Studi         : Prima Dona Hapsari, S.Pd., M. Hum.
Sekretaris Program Studi   : Bambang Pramono, S.Sn.,M.A.

PROGRAM STUDI S-1 KONSERVASI SENI – FAKULTAS SENI RUPA ISI YOGYAKARTA

Program Studi Konservasi Seni merupakan program strata satu (S-1) yang dilaksanakan dalam 8 semester di bawah naungan Fakultas Seni Rupa, sejak 2022 dengan sk kemenristek.

Program Studi Konservasi ISI Yogyakarta merupakan program studi konservasi seni rupa pertama yang ada di Indonesia untuk jenjang Strata Satu. Program studi ini merupakan bidang ilmu multidisiplin (seni, sains, dan teknologi). Nilai penting dibentuknya Program Studi Konservasi rupa didorong oleh kebutuhan atas sumberdaya manusia yang ahli dalam melakukan konservasi seni di Indonesia, terutama benda-benda seni rupa warisan budaya dari daerah yang beriklim tropis.

VISI

Pada tahun 2033 Program Studi Konservasi Seni  menjadi unggulan di bidang konservasi seni rupa wilayah tropis di Indonesia dan Asia.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai subjek aktif dan berdaya dalam pengelolaan potensi budaya yang plural dan multikultural, berdasarkan budaya Nusantara, sehingga memiliki daya saing yang kuat dalam percaturan global sesuai dengan perkembangan jaman.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki integritas sikap dan tanggung jawab, menguasai pengetahuan yang dipelajari selama studi, dan mampu menerapkannya secara aktif dalam praktik ilmu konservasi seni secara mandiri, kreatif dan berdaya saing.
  3. Menyiapkan lulusan yang emiliki keahlian dalam mendokumentasikan karya seni dan benda budaya wilayah tropis dengan memakai teknologi terbaru.
  4. Melatih peserta didik dalam menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Melatih peserta didik dalam mengimplementasikan penelitian ke dalam tindakan yang dapat menjawab persoalan dan kebutuhan fungsi-fungsi infrastruktur seni, budaya, dan pariwisata, dalam pergaulan Nasional dan Internasional.
  6. Meningkatkan produksi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung sinergi antara bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  7. Mengembangkan kerjasama yang setara, sinergis dan mutualistis antar lembaga, baik di dalam maupun luar negeri secara aktif dan berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Sarjana Konservasi Seni diharapkan memiliki profil sebagai:

  1. Praktisi, seorang sarjana Konservasi Seni diharapkan mampu: (1) mengidentifikasi temuan-temuan permasalahan konservasi seni rupa di lapangan, (2) memiliki kepekaan dalam menyelesaikan masalah secara tepat berdasarkan informasi dan data yang akurat, serta (3) membangun jejaring kerja dengan berbagai pihak untuk berkolaborasi lintas bidang dalam melaksanakan program yang direncanakan.
  2. Peneliti, maka seorang sarjana Konservasi Seni diharapkan memiliki kemampuan: (1) merancang penelitian, (2) cermat dalam melakukan analisis, serta (3) menghasilkan temuan-temuan dan informasi ilmiah yang berguna untuk menyikapi serta memecahkan berbagai persoalan konservasi seni rupa, pengelola koleksi seni, pemeliharaa benda seni dan budaya yang memiliki kesadaran merawat nilai-nilai dan warisan budaya wilayah tropis yang berintegritas dan beretika sesuai bidang keilmuannya.
  3. Akademisi Konservasi Seni,  yaitu Sarjana Konservasi Seni yang memiliki keahlian dalam bidang keilmuan konservasi seni,  kemampuan melakukan praktik dan penelitian dalam bidang konservasi seni, dan kemampuan melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang akademisi diantaranya: (1) mempersiapkan materi mengajaran yang sudah disusun secara sistematis, terencana, dan bertujuan, (2) melaksanakan tugasnya untuk berinteraksi langsung dengan para peserta didiknya dalam suatu proses pembelajaran serta (3) menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang mengarah pada proses pembelajaran serta memiliki kesadaran dalam nilai-nilai penting perawatan dan pelestarian benda-benda seni dan warisan budaya wilayah tropis yang berintegrasi dan beretika sesuai bidang keilmuannya.

KOMPETENSI

Diharapkan, semua lulusan Program Studi Konservasi Seni memiliki kompetensi untuk:

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya   dalam   bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  3. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  4. Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbingnya, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  5. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Program Studi: Prima Dona Hapsari, S.Pd., M.Hum.

Sekretaris Prodi: Bambang Pramono,  M.A

Staf Pengajar Tetap:

  1. Prima Dona Hapsari, S.Pd., M.Hum.
  2. Warsono, S.Sn., M.Sn.
  3. Tambak Sihno, M.A.
  4. Dr. Yohana Ari Ratnaningtyas, SE., M.Si.
  5. Bambang Pramono,  M.A.
  6. Septiana Baroroh, S.Si., M.Si
  7. Muhamad Fajri Saptaji, M.Sc.
  8. Rooseline Linda Oktina, S.Ark., M.A

Staf Pengajar Tidak Tetap:

  1. Prof. Dr. Suastiwi, M.Des.
  2. Prof. Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, M.Si.
  3. Dr. Miftahul Munir, M.Phil.
  4. Dr. Kardi Laksono, M.Phil.
  5. Wiwik Sri Wulandari, S.Sn., M.Sn.
  6. Indiria Maharsi, S.Sn., M.Sn.
  7. Retno Purwandari, M.A.
  8. Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo  
  9. Dr. Nahar Cahyandaru, M.Si.
  10. Ari Swastikawati, S.Si., M.A.  
  11. Dr. Sugeng Wardoyo, M.Hum.
  12. Ery Sustiyadi, M.A.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Lulusan Program Studi S-1 Konservasi Seni diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi dan preservasi seni dan warisan budaya tak benda berskala nasional maupun internasional.

Pendidikan di Program Studi S-1 Konservasi Seni memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat memperoleh dan menunjukkan outcomes pembelajaran sebagai berikut:

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai   keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip-prinsip, teori-teori, metode dan praktik ilmu konservasi seni;
  2. Menguasai Ilmu sejarah seni;
  3. Menguasai ilmu bahan pada karya seni dan benda budaya wilayah tropis;
  4. Menguasai dasar-dasar seni rupa;
  5. Menguasai museologi dan galeri;
  6. Menguasai dasar-dasar ilmu kimia, mikrobiologi, plants, insects;
  7. Menguasai dasar-dasar ilmu pengendalian lingkungan untuk konservasi seni

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk memecahkan masalah dan melaksanakan konservasi karya seni dan benda budaya di wilayah tropis;
  2. Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam ilmu konservasi seni;
  3. Memiliki keahlian dalam mendokumentasikan karya seni dan benda budaya wilayah tropis dengan memakai teknologi terbaru;
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan yang inovatif dan mandiri yang relevan dengan disiplin konservasi seni.

Sebaran Mata Kuliah KURIKULUM OBE

Berikut adalah sebaran mata kuliah per semester di luar program MBKM

Tugas Akhir Kajian / Skripsi

Program strata satu sarjana Konservasi Seni dicapai dalam 144 sks termasuk tugas akhir. Tugas  akhir kajian/skripsi bertujuan untuk  menunjukkanan kompetensi berpikir kritis logis komprehensif, kreatif, dan inovatif dengan topik-topik kajian terkait konservasi karya seni rupa  dan budaya rupa di wilayah tropis baik material, teknik maupun inovasi solusi berdasarkan temuan permasalahan.

Mitra

– Department of Art Conservation, University of Delaware – US

– Conservation and Restoration Department, The Academy of Fine Arts and Design in Bratislava –  Bratislava

– IMC University of Applied Sciences Krems – Austria

– Department for the History of Architecture and Building Archaeology,TU Wien – Austria

Kontak: artconservation@isi.ac.id / artconservation.isiyk@gmail.com

ig: @artconservation.isiyk

ig hmj: @kontrart.id