Tatakelola Seni (Manajemen)

Jurusan/Program Studi S-1 Tatakelola Seni (Manajemen)

Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

Ketua Jurusan/ Prodi
Dr. Mikke Susanto, S.Sn.,M.A.

Sekretaris
Trisna Pradita Putra, S.Sos.,M.M.

Program Studi Tatakelola Seni atau Manajemen Seni ini merupakan program strata satu (S-1) yang dilaksanakan dalam 8 semester dan dipayungi oleh Fakultas Seni Rupa, sejak 2014. Program studi ini merupakan yang pertama di Indonesia untuk jenjang strata satu dan memiliki konsentrasi studi pengelolaan bidang Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam, Budaya dan Pariwisata.

Visi

Pada tahun 2032 Program studi Tata Kelola Seni menjadi unggulan di bidang pengelolaan seni di Indonesia dan Asia berdasarkan Pancasila.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai subjek aktif dan berdaya dalam pengelolaan potensi budaya yang plural dan multikultural, berdasarkan budaya nusantara, sehingga memiliki daya saing yang kuat dalam percaturan global sesuai dengan perkembangan jaman.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki integritas sikap dan tanggung jawab, menguasai pengetahuan yang dipelajari selama studi, dan mampu menerapkannya secara aktif dalam praktik pengelolaan bidang Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam, serta Budaya dan Pariwisata secara mandiri, kreatif dan berdaya saing.
  3. Melatih peserta didik dalam mengimplementasikan penelitian ke dalam tindakan yang dapat menjawab persoalan dan kebutuhan fungsi-fungsi infrastruktur seni, budaya, dan pariwisata, dalam pergaulan Nasional dan Internasional.
  4. Meningkatkan produksi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung sinergi antara bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  5. Mengembangkan kerjasama yang setara, sinergis dan mutualistis antar lembaga, baik di dalam maupun luar negeri secara aktif dan berkelanjutan.

 

Tujuan

Tujuan Umum

  • Menghasilkan lulusan yang mampu mencipta pengelolaan pergelaran seni, kuratorial pameran seni, katalog anotasi seniman dan mengkaji tata kelola seni sesuai dengan perkembangan keilmuan, teknologi dan seni, serta memiliki kesadaran budaya nasional dan kepekaan terhadap persoalan pengelolaan senidi masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan di bidang penciptaan dan pengkajian tata kelola seni yang berpola pikir akademis, beretika dan bertanggungjawab terhadap hasil karyanya di masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan profesinya secara mandiri, inovatif, dan mampu menjawab tantangan zaman.
  • Menjadi mitra kerja lembaga-lembaga milik pemerintah dan swasta untuk memajukan bidang pengelolaan seni.
  • Menghasilkan program-program pengelolaan seni bertaraf internasional

Tujuan Spesifik

Menghasilkan lulusan yang dapat dijabarkan dalam fungsi yang spesifik, antara lain menjadi:

  1. Mencipta bidang pengelolaan seni
    1. Manajer program seni
    2. Pengelola arsip karya seni
  2. Mengkaji bidang pengelolaan seni
    1. Pengkaji Pengelolaan Seni
    2. Kurator Seni

 

Profil Lulusan

Menghasilkan lulusan yang mampu:

  1. Mengkaji bidang pengelolaan seni dan budaya
  2. Pengkaji seni
  3. Akademisi
  4. Kurator
  5. Mengelola bidang seni dan budaya
  6. Pengelola seni
  7. Pengarsip
  8. Birokrat