Desain Interior

Jurusan Design

Ketua Jurusan Desain:
Martino Dwi Nugroho, S.Sn., MA.

Jurusan Desain adalah bagian dari Fakultas Seni Rupa yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan desain. Desain adalah aktivitas seni rupa yang berkaitan erat dengan teknologi untuk menghasilkan bentuk objek yang bernilai sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hasilnya tidak terletak pada bentuk visualnya semata, tetapi merupakan keterpaduan dengan fungsinya.

Program Studi Design Interior

Ketua Prodi Desain Interior:
Bambang Pramono , S. Sn., M.Sc.

Sekretaris Prodi Desain Interior
Yayu Rubiyanti, S.Sn., M.Sn.

Profile

Program Studi Desain Interior merupakan salah satu program studi S-1 di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta yang mendidik di bidang perencanaan dan perancangan ruang dalam bangunan hunian (residance dan public). Sebagai sebuah bentuk seni terap, karya desain interior dapat diaplikasikan pada berbagai fungsi bangunan: rumah tinggal, hotel, restoran, toko, kantor, museum, dll. Karya terwujud dalam desain komponen ruang, elemen estetik, perabot, dan utilitas yang ditata secara kreatif.

Program Studi Desain Interior adalah bagian dari Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta. Program Desain Interior ini memfokuskan pembelajaran pada perancangan ruang dalam yang fungsional dan estetis dengan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi, mengadaptasi lingkungannya dan berkarakter budaya untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Seiring dengan perkembangan desain interior,   dalam proses perancangan interior selalu mempertimbangkan isu-isu terkini yang berkaitan dengan desain universal, globalisasi, dan desain berkelanjutan.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi bidang desain interior yang mampu menghasilkan lulusan unggul dan karya berstandar internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang desain interior yang selaras dengan perkembangan sosial, budaya, dan kemajuan teknologi.
  2. Menyiapkan lulusan bidang desain interior yang mampu memahami, menganalisis, dan memecahkan persoalan-persoalan desain interior secara sistematik dan kontekstual, serta mampu secara cerdas menerapkan konsep-konsep seni ke dalam karya desain.

Tujuan

Program Studi desain Interior ISI Yogyakarta membuat tujuan dan sasaran yang merujuk pada tujuan Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, serta kebutuhan pasar profesi Desain Interior. Relevansi tujuan Prodi Desain interior ISI Yogyakarta selaras dengan perkembangan teknologi. sosial dan budaya dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan sikap profesional, kreatif, berdaya saing dalam berkarya.

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan sikap profesional moral dan etika yang tinggi serta berdaya saing dalam berkarya di bidang Desain Interior dengan meningkatkan   kualitas    proses    pembelajaran.
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya desain dan penelitian yang berkualitas dan kreativitas yang tinggi di bidang keilmuan dalam bidang desain interior.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat berorientasi pada jiwa kewirausahaan dan etika bisnis desain interior dari berbagai pilihan peminatan/spesialisasi masing-masing.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan ahli dalam mendesain: interior rumah tinggal, kantor, restauran, pameran/exibition, museum, terminal, stasiun, bandara, mebel, dan fasilitas ruang publik lainnya secara baik dan benar.
  5. Meningkatkan kemampuan staf pengajar dan mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya desain interior dan penelitian yang berkualitas.
  6. Meningkatkan peran lembaga di masyarakat dalam memberikan informasi dan solusi terhadap berbagai persoalan di bidang desain interior.

Profil Lulusan

Desainer Interior, yang memiliki landasan keilmuan, keahlian, dan kreativitas, mampu secara mandiri atau berkelompok menciptakan dan/mengkaji karya desain pada berbagai media dan  adaptif terhadap lingkungan dan perkembangan teknologi global, berintegrasi dengan disiplin Ilmu desain lain dan berkarakter budaya Indonesia.

Program Studi Desain Interior merupakan salah satu program studi S-1 di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta yang mendidik di bidang perencanaan dan perancangan ruang dalam bangunan hunian (residance dan public). Sebagai sebuah bentuk seni terap, karya desain interior dapat diaplikasikan pada berbagai fungsi bangunan: rumah tinggal, hotel, restoran, toko, kantor, museum, dll. Karya terwujud dalam desain komponen ruang, elemen estetik, perabot, dan utilitas yang ditata secara kreatif.

Program studi Desain Interior FSR ISI Yogyakarta yang dalam perjalanan sejarah panjangnya selama ini dicitrakan sebagai lembaga pendidikan tinggi seni rupa dan desain yang kuat dalam bidang kreativitas berkarya seni terkenal dengan kepiawaian “manualnya” harus disinergikan dengan kehadiran teknologi informasi yang berbasis teknologi digital dalam pengembangan sumber dayanya dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan Prodi Desain Interior ISI Yogyakarta dan kebutuhan pemangku kepentingan untuk menghasilkan profil lulusan yang memperlihatkan kompetensi.

Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta adalah program studi terakreditasi A* di Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi seni negeri tertua,terbesar dan terbaik** di Indonesia. (*Akreditasi A dari BAN PT, ** perguruan tinggi seni terbaik versi DIKTI)

Perkuliahan dan Fasilitas

Kuliah teori dan praktek diberikan secara berimbang dengan bimbingan dosen-dosen berdedikasi, sehingga suasana perkuliahan tidak menegangkan tapi justru menyenangkan. Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta memiliki beberapa studio diantaranya studio komputer dengan software 2D/3D, studio gambar kerja, studio fisika bangunan, studio tugas akhir, ruang seminar, perpustakaan dengan koleksi buku-buku desain dari dalam dan luar negeri yang lengkap serta fasilitas wifi internet gratis.

Prestasi

  • Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta telah memperoleh status akreditasi A dari BAN-PT DEPDIKNAS.
  • Pada tahun 2002 Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta memenangkan hibah pendidikan dari program DUE-like (Development Undergraduate Education)

Beberapa prestasi mahasiswa, alumni dan dosen diantaranya

  • Juara I Indonesian Design Competition 2004 kategori furniture,
  • Juara I HomeCientro Interior Design Competition 2005,
  • Juara I Mowilex Colour Competition Awards 2005,
  • Juara I Jepara Furniture Design Awards 2006,
  • Juara II Campus Design Awards 2007,
  • Juara II Indonesia Furniture Design Awards 2008,
  • Memecahkan rekor MURI (untuk mural lebih dari 1100 tong sampah) saat menjadi tuan rumah TKMDII ke9 (Temu Karya Mahasiswa Desain Interior se-Indonesia)
  • Juara III Desain Toilet Umum Terminal Bus Antar Kota, INDESS 2010
  • Desain Stand Terbaik di Festival Desain Interior Desain.ID
  • Juara I, Juara II dan Juara Favorit Desain Furniture di ajang 2nd AFDC 2010
  • Dosen Program Studi S-1 Desain Interior juga menjadi salah satu pemenang Black Innovation Awards 2008
  • Juara II, Desain PU Kategori Hunian 2012
  • Juara III, Gabusan Mural Art Competition 2012
  • Juara Favorit, WIN+PLAY Competition, HONFablab 2012
  • Desain Terfavorit, Bandung Furniture 2013
  • Juara I, Desain Gapira Selamat Datang Kab. Sleman di Prambanan Yogyakarta 2013
  • Desain Favorit, Bravacasa Design Contest 2014
  • Juara III, Kompetisi Desain Ruang Bermain Ramah Anak, Angkasa Pura dan Kementerian Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Wanita RI 2014
  • Finalis, Kompetisi Gran Prix Marching Band XXXI 2015
  • Finalis, Rosewood Design Competition 2015
  • Best of The Best Design di Bravacasa Design Challenge 2015.
  • Best Design (Furniture Category) di Bravacasa Design Challenge 2016.
  • Finalis, Indonesia Designer Challenge 2016
  • Finalis, Showcase Indonesia designer, IFEX  2016
  • Juara I, Kompetisi Furniture Spasial 2016, ITS
  • Juara I, Best Recycle Essence Bench, Living World Asri Home Festival 2016

Peluang Kerja

Pembangunan fisik yang begitu pesat di Indonesia belumlah sebanding dengan jumlah desainer interior. Sehingga rata-rata mahasiswa desain interior sudah mendapatkan pekerjaan kurang dari enam bulan setelah lulus atau bahkan sebelum lulus kuliah.

Peluang kerja yang bisa diraih adalah

  • sebagai desainer baik itu di consultant/kontraktor bidang interior, mebel, craft atau exhibition
  • sebagai visual menchandiser,
  • sebagai penulis dan peneliti bidang desain interior,
  • sebagai staf pengajar/dosen desain interior (menempuh pendidikan tambahan S2 Desain/Seni jika ingin menjadi dosen, menempuh pendidikan tambahan Akta 4 mengajar jika ingin menjadi guru seni rupa)
  • sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada bidang/departemen/kementrian yang membutuhkan (misalnya Kementrian Perindustrian, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perdagangan, Kementrian Pekerjaan Umum, atau Kementrian Sekretariat Negara, Badan Ekonomi Kreatif)
  • dan berwirausaha mandiri/pengusaha di bidang desain interior.

Guna memperbesar kesempatan kerja lulusan, Interior ISI Yogyakarta juga menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder diantaranya HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia), ASMINDO (Asosisasi Pengusaha Mebel Indonesia), INDESS (Ikatan Pelaku Industri Desain Interior Indonesia), HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia), IEDA (Indonesian Exhibit Designer Association), dan YIDI (Young Interior Designer Indonesia).

Web

www.interiorisi.wordpress.com