Intercultural Design Symposium: Ketangguhan yang Kreatif di Masa Pandemi

Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta bersama Faculty of Design and Media, Hannover University of Applied Sciences and Arts (Hochschule Hannover) akan mengadakan kegiatan Intercultural Design Symposium. Acara yang akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 6 – 8 April 2021 ini merupakan agenda yang diselenggarakan untuk pertama kalinya. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan kerjasama dilakukan dalam bentuk Design Thinking Workshop, tetapi karena situasi pandemi Covid19 diganti menjadi kegiatan simposium secara daring. 

Kegiatan ini akan melibatkan 19 orang mahasiswa Hochscule Hannover dan 20 mahasiswa Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta yang sudah mengikuti seleksi untuk kegiatan ini. Selama 3 hari, 39 mahasiswa tersebut akan bekerja berkelompok secara daring dengan menggunakan beberapa aplikasi interaktif di bawah bimbingan Prof. Gunnar Spellmeyer. Pada akhir kegiatan, mahasiswa akan mempresentasikan hasil diskusi mereka selama 3 hari.

Situasi pandemi dan ketangguhan dalam menghadapinya menjadi tema utama dalam kegiatan ini, dimana mahasiswa diharapkan dapat melihatnya dalam dua perspektif budaya yang berbeda. Untuk itu, dalam rangkaian simposium ini juga diselenggarakan webinar dengan mendatangkan pembicara diantaranya adalah Dekan FSR ISI Yogyakarta, Dr. Timbul Raharjo, M.Hum, yang akan menyampaikan materi tentang ketangguhan pelaku UMKM khususnya sektor kreatif selama masa pandemi. Dekan Faculty of Design and Media, Hochschule Hannover, Prof. Dr. Friedrich Weltzien juga akan menyampaikan materi dengan judul “Per aspera ad astra” Some thoughts on Resilience and Creativity. Selain itu, beberapa contoh ketangguhan yang dilakukan secara kreatif juga akan disampaikan oleh pembicara lain, diantaranya Valentine Koller (alumni Hochschule Hannover), seorang creative producer di perusahaan digital event experience “dexp.one” dan juga Rico Rindoko (alumni Program Studi Desain Interior ISI Yogyakarta), desainer sekaligus pemilik Mil&Bay dan Suwatu, galeri dan restaurant.

Selain untuk mempererat kerjasama antara ISI Yogyakarta dan Hochschule Hannover yang sudah ditegaskan dalam MoU sejak 7 tahun yang lalu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa untuk bekerja dalam tim dengan beragam budaya yang berbeda. Untuk mengikuti webinar di hari ke-1 dan ke-2, dapat dilakukan dengan mendaftar di link bit.ly/IDS2021ISIYK.

Author : Ivada Ariyani



Tinggalkan Balasan