Dosen FSR ISI Yogyakarta Menerima Penghargaan

Drs. Asnar Zacky, M.Sn., salah satu Dosen Jurusan Desain Prodi Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta menerima penghargaan “Lifetime Achievement Award” sebagai penggambar manual lintas pada acara Pameran Nandung Srawung #7 yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 25 Oktober 2020 di Taman Budaya Yogyakarta. Peserta pada kegiatan Pameran Nandung Srawung #7 terdiri dari seniman pilihan dan beberapa dosen yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Afganistan dan Prancis.

Nandur Srawung ke-7 kali ini memilih Drs. Asnar Zacky, M.Sn., sebagai peraih Lifetime Achievement Award Nandur Srawung ke-7 tahun 2020. Sehari-hari lulusan STSRI “ASRI” 1976, dan FSRD ITB 1994 ini adalah salah satu Dosen Jurusan Desain Prodi Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta. Telah banyak murid yang mendapat inspirasi dari cara dan bahasa gambarnya, terutama dalam bahasa komik. Tim LTAA melihat sosok berkelahiran 1957 dan perawakan kalem ini sesungguhnya seorang empu pengamat karakter manusia. Sebagai sosok yang menyukai wayang, Drs. Asnar Zacky, M.Sn., mampu mengadaptasinya kedalam bahasa karakter kreasinya. Yang menarik adalah cara kerjanya yang masih menggunakan tahapan proses dan teknik manual ditengah kecenderungan komikus masa kini yang menggunakan alat modern. (Sumber : Katalog Nandur Srawung)

Kepiawaiannya dalam menuangkan gagasan ke dalam bahasa komik terlatih sejak lama, pada manusia, flora, objek dan bangunan-bangunan. Pensil dan alat gambar seolah telah menyatu dengan imajinasi komikalnya. LTAA ini diberikan kepada beliau atas dedikasinya pada dunia komik, beberapa karya monumentalnya, antara lain pada kover buku “Gurita Cikeas”, karya George Junus Aditjondro, dan komik “Jakarta 2039”, karya bersamanya dengan Seno Gumira Ajidarma, pada karya ini kita akan melihat kepekaanya mengilustrasikan tragedi Mei 1998 yang memilukan. Penguasaan dan pendalamannya pada masalah itu yang membuat karya ilustrasi dan komiknya mengena pada kesadaran penikmat dan pembacanya. (Sumber : Katalog Nandur Srawung)

Selamat untuk Drs. Asnar Zacky, M.Sn., atas pencapaiannya semoga menambah berkah dalam kehidupan dan menjadi tauladan kita semua terus berkarya dan semoga sukses selalu (seperti semboyan beliau “Menggambar Sampai Akhir Hayat”).