Berita Duka

Berita & InfoKomentar Dinonaktifkan pada Berita Duka

Keluarga Besar Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya pematung Indonesia Empu Ageng Edhi Soenarso ke pangkuan Allah SWT, malam ini pukul 23.15 di RS Jogja International Hospital. Jenazah akan disemayamkan terlebih dahulu di Lobby Gedung Rektorat Baru ISI Yogyakarta, hari ini pukul 12.30 WIB.

Edhi Sunarso lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 2 Juli 1932. Beliau mulai belajar dan berlatih membuat patung ketika menjadi tawanan perang KNIL di Bandung antara tahun 1946-1949 yang kemudian dilanjutkan melalui jalur pendidikan resmi di ASRI, Yogyakarta lulus tahun 1955 dan Kelabhawa Visva Bharati University Santiniketan, India lulus pada tahun 1957. Selain sebagai pematung, ia juga dosen pada Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Karya yang dihasilkan Edhi Sunarso antara lain monumen selamat datang yang ada di Bundaran Hotel Indonesia, patung Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng, dan patung Dirgantara yang ada di Pancoran. Ketiga patung fenomenal tersebut merupakan contoh hasil karya tangan dingin pria yang biasa dipanggil Edhi ini.

Semoga amal ibadah semasa hidupnya diterima oleh Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

 

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.