Prasarana dan Sarana

Prasarana

Secara rinci prasarana yang dimiliki oleh Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Gedung Induk dan Perkantoran

Memiliki 4 buah gedung terdiri dari gedung Dekanat, gedung Jurusan Seni Murni, gedung Jurusan Seni Kriya, gedung Jurusan Desain dan Gedung Sasana Aji Yasa. Masing-masing gedung memiliki ruang-ruang yang berfungsi untuk menampung kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar maupun kegiatan administrasi. Gedung Dekanat memiliki ruang-ruang seperti ruang Dekan, ruang Pembantu Dekan I, ruang Pembantu Dekan II, ruang Pembantu Dekan III, ruang Administrasi Umum, ruang Administrasi Pendidikan, ruang Administrasi Keuangan, ruang administrasi Kerumahtanggaan, ruang Jurnal ARS, dan dilengkapi pula dengan ruang perlengkapan, ruang koperasi, kantin, dan fasilitas parkir.

2. Ruang Kuliah

Gedung Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta memiliki 21 ruang kuliah yang mampu menampung kegiatan kuliah umum dalam ukuran besar maupun kecil, 61 ruang studio yang meliputi ruang Studio Tugas Akhir Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Kriya Kayu, Kriya Logam, Kriya Kulit, Kriya Tekstil, Kriya Keramik, ruang Komputer, Fotografi, Intaglio (cetak dalam), Cetak Saring (silk screen), Tatah Batu, Cukilan Kayu, Gambar Model, Seni Lukis Potret, Nirmana, Sketsa, Pengasaman, Kamar Gelap, Glasir, Pengolahan Tanah Liat, Las, Cor, dan Tenun.  Tersedia juga ruang seminar, workshop batik, anyam, logam, pemolaan busana, ruang sidang umum, dan ruang administrasi pendidikan yang dilengkapi dengan ruang dosen, kantor administrasi, kantin, koperasi, dan parkir. Semua ruang secara fungsional mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran, yang masing-masing dilengkapi dengan peralatan yang representatif.

 

Sarana

1. Perlengkapan belajar-mengajar

Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta telah memiliki perlengkapan belajar-mengajar yang cukup memadai. Beberapa ruang kuliah sudah tersedia peralatan mengajar elektronik, seperti laptop dan LCD. Dan di beberapa ruang dosen dan ruang kuliah sudah menggunakan penyejuk ruangan.

2. Tempat ibadah

Untuk sivitas akademika yang beragama Islam telah tersedia Masjid Al-Mukhtar yang terletak di bagian selatan lokasi kampus ISI Yogyakarta.

3. Fasilitas olah raga

Untuk olah raga tenis lapangan, basket, bulutangkis telah tersedia lapangan beserta fasilitas perlengkapannya yang berada di lingkungan ISI Yogyakarta.

4. Kantin dan koperasi

Walaupun bentuk dan perkembangannya belum optimal, di kampus Fakultas Seni Rupa telah tersedia fasilitas kantin dan koperasi yang dikelola oleh karyawan.

5. Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sekarang ini di lingkungan ISI Yogyakarta sedang melakukan peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan melalui pendanaan DIPA, Hibah Kompetisi A1, A2, Due-like, dan SP-4, serta pembangunan kembali gedung-gedung perkuliahan yang rusak karena gempa bumi 26 Mei 2006.

6. Akses Mahasiswa

Akses mahasiswa terhadap prasarana dan sarana dilakukan melalui jalur birokrasi yang sudah tertata sesuai dengan kelayakan kebutuhan dan kepentingannya, baik reguler maupun yang Ad-Hoc. Pembinaan kemahasiswaan tetap berada dalam lingkungan Pembantu Dekan III. Beberapa program yang ingin direncanakan, mekanismenya harus melalui BEM dan HMJ.

7. Internet

Untuk memperoleh informasi secara online telah tersedia hotspot area yang dapat diakses secara gratis bagi para mahasiswa, dosen, dan karyawan di Rektorat maupun di masing-masing Fakultas.

 

Studio Fotografi berstandar profesional

Share This:

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.