Profil FSR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semuaFakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta adalah lembaga pendidikan tinggi seni rupa yang tertua di Indonesia, lahir pada tanggal 15 Januari 1950 sebagai Akademi Seni Rupa Indonesia atau ASRI, ketika itu bertujuan untuk memperkuat dan membangun seni budaya Indonesia dan mempertebal rasa kebangsaan.Saat ini FSR ISI Yogyakarta mempunyai tiga Jurusan dan empat Program Studi (Prodi) S-1 dan satu Prodi D-3 yaitu : Jurusan/Prodi Seni Rupa Murni, Jurusan Kriya dengan Prodi Kriya Seni dan Jurusan Desain dengan Prodi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual, serta Prodi D-3 Batik dan Fashion. Berbasis kepada pengalaman panjang sebagai penyelenggaraan pendidikan seni rupa, kurikulum yang dibangun saat ini bertujuan untuk melahirkan para pencipta dan pengkaji seni rupa yang unggul, berkepribadian, kreatif dan inovatif serta terampil di bidangnya. Tidak dapat diragukan bahwa sebagai pendidikan tinggi seni rupa yang tertua di Indonesia kami telah banyak melahirkan alumni yang berkecimpung di berbagai bidang kerja seperti karyawan pemerintah dan swasta, peneliti, wirausaha-wirausaha mandiri maupun praktisi-praktisi unggul seperti seniman, kriyawan dan desainer di Indonesia.Kampus FSR ISI Yogyakarta berada di lingkungan yang luas, teduh dan asri, disertai dengan berbagai fasilitas meliputi ruang kelas, studio, bengkel kerja, hot spot serta ruang pameran di setiap Program Studi. Pada tahun anggaran 2012 kami telah dapat menyelesaikan pembangunan Gedung Kuliah Umum dan Pameran “Aji Yasa” yang akan dimanfaatkan untuk mewadai kegiatan akademik dan kemahasiswaan di tingkat Fakultas. Fasilitas lain yang akan segera diluncurkan di tahun 2013 ini adalah Kantin dan ruang-ruang untuk kegiatan 3 (tiga) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Pada tahun-tahun mendatang FSR ISI Yogyakarta merencanakan untuk membangun berbagai macam fasilitas umum untuk mahasiswa; ruang-ruang untuk kegiatan olah raga, kesehatan, pecinta alam, fasislitas kesehatan, semua ini untuk lebih mengaktifkan kehidupan akademik dan kemahasiswaan di kampus.

Pembangunan dan pengembangan kurukulum, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana yang terus menerus kami lakukan serta penerapan penjaminan mutu di lingkungan Fakultas Seni Rupa telah membuahkan hasil yang nyata, tiga dari empat Prodi kami yaitu, Prodi Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan Kriya Seni telah meraih akreditasi A, sementara Prodi Seni Murni mendapatkan akreditasi B. Sedangkan Prodi Batik dan Fashion karena baru saja berdiri, tahun 2012, proses penilaian akreditasi akan menyusul.

Selanjutnya, perlu kami sampaikan bahwa lokasi kampus di kota Yogyakarta yang kaya dengan tradisi seni dan budaya memberi banyak nilai positif kepada mahasiswa FSR ISI Yogyakarata. Banyaknya kegiatan seni dan budaya yang berlangsung di kota ini dapat dipakai sebagai ajang bagi mahasiswa untuk melihat dan terlibat di dalamnya, menyelam dan menyerap makna-makna berkesenian secara langsung dan alami. Dinamika kehidupan seni rupa yang aktif dan dinamis baik di kampus maupun di lingkungan sekitarnya akan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertemu, berkomunikasi membuka wawasan dan membangun jejaring dengan banyak seniman, pengamat maupun pencinta seni rupa. Wawasan yang teruka dan jejaring yang terbangun, akan menjadi bekal penting ketika mahasiswa sudah lulus dan harus membangun karirnya sendiri di masyarakat.

Dengan visi kami untuk menjadikan pusat pembinaan dan pengembangan kesenirupaan yang terpecaya, maka adalah tempat untuk menyatakan bahwa menjadi mahasiswa FSR ISI Yogyakarta adalah jalan sukses menjadi insan pencipta dan pengkaji seni rupa Indonesia yang unggul.

 

Terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dekan Fakultas Seni Rupa
Institut Seni Indonesia Yogyakarta

ttd

Dr. Suastiwi Triatmodjo, M.Des.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.