Tasyakuran “Sasana Aji Yasa” Gedung Kuliah Umum & Pameran

PidatoKomentar Dinonaktifkan pada Tasyakuran “Sasana Aji Yasa” Gedung Kuliah Umum & Pameran

Laporan Dekan padaHARI LAHIR Ke-62 FSR ISI Yogyakarta danTasyakuran “Sasana Aji Yasa” Gedung Kuliah Umum & PameranYogyakarta,  14 Januari 2012

Yang terhormat:

Rektor dan Pimpinan Institut Seni Indonesia Yogyakarta,
Para Dekan di lingkungan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Wakil Dekan, para Ketua dan Sekretaris Jurusan serta Program Studi,

Tenaga Pendidik  dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Seni Rupa
Para sesepuh, para alumni dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan FSR,
Ketua BEM FSR dan jajarannya, serta para mahasiswa FSR ISI Yogyakarta,

Tamu undangan yang saya muliakan.
Assalamu’alaikum wr., wr. Salam sejahtera untuk kita semua, Om suasti astu

Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME bahwa atas limpahan rahmat dan karuniaNya kita diberi kekuatan, kesehatan dan keselamatan sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini kita dapat menghadiri peringatan Hari lahir Fakultas Seni Rupa yang ke-62 dan sekaligus syukuran atas selesainya (tahap I) pembangunan “Sasana Aji Yasa” Gedung Kuliah Umum dan Pameran FSR ISI Yogyakarta.

Hadirin yang saya muliakan.

Masih dalam suasana tahun baru 2012, saya mewakili Dekanat Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, mengucapkan selamat tahun baru kepada segenap civitas akademika dan keluarga besar FSR, mari kita perbaharui dan kuatkan komitmen untuk terus melangkah membangun dan membesarkan Fakultas kita khususnya dan dunia Seni Rupa Indonesia pada umumnya.

Hadirin sekalian, peringatan Harlah FSR kali ini memakai rancangan acara yang agak berlainan dengan tahun-tahun sebelumnya, bila biasanya peringatan diselenggarakan di sore / malam hari dengan berlesehan sehingga kuat sekali rasa kekeluargaan, informal dan nostalgik, kali ini peringatan diselenggarakan pada pagi / siang hari bersamaan dengan hari kerja serta audience dipersilakan duduk di kursi yang tertata secara lebih formal. Walau dalam format sederhana apa yang kami coba tawarkan kali ini, di samping keinginan agar peringatan Harlah FSR dapat lebih meriah, dihadiri oleh lebih banyak civitas akademika, dosen, alumni, mahasiswa serta tamu undangan, hal ini pun dimaksudkan agar nantinya acara Harlah atau Dies FSR dapat menjadi salah satu acara resmi Fakultas, dengan demikian dapat dijadikan sarana untuk memperkuat pencitraan lembaga, sebagai Peguruan Tinggi Seni Rupa yang hadir dan tampil secara kokoh, serta percaya diri di tengah masyarakat. Pada masa mendatang kami bermaksud mengembangkan acara Harlah atau Dies tidak semata-mata sebagai acara peringatan hari lahir yang nostalgik, menengok ke belakang, tetapi juga sebagai acara unjuk prestasi untuk  mempertanggung jawabkan kinerja lembaga kepada publik. Pada Harlah pun kita perlu memandang ke depan, artinya dengan bertambahnya usia kita masuk pada tahapan baru yang dapat menjadi terminal atau tempat di mana kita seharusnya mampu melihat horison-horison baru di depan serta membuka kemungkinan-kemungkinan jalan ke mana kita sebagai lembaga dapat dan akan melangkah.

Hadirin yang saya hormati,

Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan laporan pelaksanaan program kerja yang telah dilakukan pada tahun 2011.

Bidang Organisasi

Syukur alhamdulillah empat Prodi di FSR ISI Yk semua telah mengajukan borang untuk penilaian akreditasi serta sudah selesai divisitasi oleh para asesor dari BAN PT. Dua hari yang lalu kami masih berharap-harap cemas terhadap nilai yang akan diraih oleh Program Studi Kriya Seni, namun berita gembira sudah kami dapatkan bahwa Prodi Kriya Seni, dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya, telah berhasil meraih nilai A, seperti yang telah diraih oleh Prodi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual beberapa bulan yang lalu. Sementara Program Studi Seni Murni telah mendapat nilai B, nilai yang menurut kami belum pas dengan prestasi yang selama ini telah ditunjukkan oleh Prodi Seni Murni. Mungkin Prodi Seni Murni perlu sekali lagi mengirimkan borang untuk meyakinkan BAN PT dan para asesor bahwa Prodi Seni Murni FSR ISI memang selayaknya mendapat nilai yang terbaik. Pada kesempatan ini Dekanat Fakultas mengucapakan selamat dan terimakasih kepada para Kaprodi beserta task force nya yang telah berusaha keras, bekerja siang malam, menyusun borang serta menyiapkan kelengkapan untuk proses penilaian akreditasi.

Selanjutnya perlu kami laporkan pula bahwa Jurusan Seni Kriya telah membuat persiapan atau usulan untuk membuka Prodi (D3) Seni Batik dan Fashion, dokumen pengusulan belum selesai semua namun diharapkan pada tahun ajaran 2012/2013 Prodi ini sudah akan menerima mahasiswa baru. Terkait dengan naiknya animo calon mahasiswa baru tahun 2011 kemarin, Prodi Desain Interior telah membuat persiapan untuk membuka kelas non-reguler pada tahun ajaran 2012/2013.

Hal lain yang perlu saya laporkan adalah lahirnya Forum Kajian Seni Rupa dan Kebudayaan yang dipimpin oleh Drs. Suwarno Wisetrotomo, M.Hum. Forum ini bertujuan mengkaji seni rupa (terutama) dari perespektif kebudayaan, dalam rangka memperluas cara pandang para anggotanya dalam memahami persoalan-persoalan seni rupa baik di ranah wacana maupun praktik. Walaupun secara organisasional unit baru ini belum punya posisi namun perlu diketahui bahwa dalam beberapa bulan terakhir  FOKESAB telah menjadi mitra Pimpinan FSR dalam mengembangkan dan mengelola beberapa kegiatan akademik seperti seminar dan pameran.

Bidang Pendidikan

Pada tahun 2011 FSR ISI Yogyakarta telah Menerima mahasiswa baru sebanyak 304, sedikit lebih kecil dari pada tahun 2010 yang mencapai 322 mahasiswa. Pada akhir tahun 2011, jumlah total mahasiswa FSR ISI Yogyakarta adalah 1456 orang, (mahasiswa cuti dan non aktif), sementara mahasiswa aktif mencapai 1174 orang.

Selanjutnya jumlah kelulusan pada tahun 2011, dalam dua periode wisuda Maret dan September, mencapai 109 orang dengan 9 mahasiswa mencapai nilai cum laude (Jurusan Seni Murni 2, Seni Kriya 5 dan Prodi Desain Interior 2 orang).

Dalam upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar FSR ISI Yogyakarta telah melaksanakan sejumlah kegiatan akademik yaitu Seminar Nasional dengan tema “Membaca Seni, Mengingat Pengetahuan”, pada bulan Oktober, pada bulan November menyelenggarakan Pameran Seni Rupa INFLUX, pameran tingkat Fakultas, bertempat di Jogja Galeri. Sementara di tingkat Jurusan dan Prodi beberapa pameran yang diselenggarakan adalah Membaca Garis, Merayakan Pak Broto (Oktober), Pameran dan Peresmian Galeri R. Soetopo (November). Sementara itu Prodi Desain Interior bekerjasama dengan HDII ikut pameran di Indonesia Building Technology 2011 di JEC (November). Dua pameran Seni Rupa lain terselenggara di tingkat Institut adalah Pameran Dies ISI Yk yang ke-27 bulan Mei, dan Documenting Now: Person to Person, Desember 2011, keduanya diselenggarakan di Galeri ISI Yogyakarta.

Tahun 2011 FSR ISI Yogyakarta pun telah menerbitkan buku Profil Fakultas yang dimaksudkan untuk mengefektifkan komunikasi fakultas pada masyarakat luas serta memberi informasi yang lebih komprehensif dan baru kepada calon mahasiswa. Sementara itu untuk lebih mengoptimalkan proses belajar mengajar khsususnya dalam mata kuliah Tugas Akhir, tahun 2011 kemarin Bidang Akademik sudah dapat menyusun edisi revisi untuk buku Petunjuk TA.

Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Tahun 2011 kemarin beberapa tenaga Dosen FSR ISI Yoyakarta telah berhasil mendapatkan dana penelitian Hibah Bersaing dan Stranas sebanyak 5 penelitian dengan jumlah dana 244 juta rupiah, dan melibatkan 10 dosen peneliti dari jurusan Kriya Seni. Sementara penelitian dengan dana DIPA Institut telah dapat diselesaikan 6 penelitian bagi 6 peneliti pemula, dari Jurusan Kriya dan Desain, jumlah dananya 26 juta rupiah. Walaupun sudah ada 16 dosen yang melakukan penelitian namun masih perlu ditingkatkan lagi, hingga mencapai 30 % atau 35 dosen.

Selanjutnya penulisan buku ajar terdapat 2 dosen yang mendapat dana bantuan penerbitan yaitu Prof Dwi Maryanto, MFA Ph.D. dan Sdr Arif Suharson, S.Sn.,M.Sn., untuk hibah penerbitan buku (DIKTI) mendapat satu atas nama Dr. Sunarto, M.Hum. Hibah untuk penulisan buku ajar  masing-masing 10 juta dan penulisan buku 15 juta.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dikerjakan selama tahun 2011 adalah 14 kegiatan dengan biaya 24 juta rupiah, serta 2 kegiatan IBM (Iptek Bagi Masyarakat) masing-masing sebesar 40 juta rupiah dan 1 kegiatan IBPE (Iptek Bagi Produk Ekspor) sebesar 100 juta rupiah. Sengaja pada pada rupiah yang jumlahnya besar saya sebutkan jelas agar hal ini dapat memotivasi para dosen yang lain untuk membuat proposal sehingga dapat meraih hibah penelitian maupun pengabdian masyarakat, mumpung Ketua LPPM nya adalah Dr. Sunarto, M.Hum., yang saya yakin beliau akan memberikan informasi dan arahan ataupun kiat-kiat bagaimana agar proposal kita dapat sukses meraih hibah.

Bidang Kemahasiswaan

Pengurus BEM FSR ISI Yogyakarta yang baru, periode 2011-2012, telah terbentuk dengan ketua Sdr. Hendy Cipoetra (Prodi DKV), demikian pula pengurus lenkap BEM telah terbentuk dan dilantik pada bulan November 2011. Beberapa kegiatan BEM yang perlu saya laporkan adalah; Lomba lukis anak-anak (Agustus), Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (Oktober), Seminar Nasional Mahasiswa Seni Rupa (November), Workshop Kampung Seni Rupa, Pameran “Disambar Desember #4”. Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa. Kegiatan ini sebagian didanai oleh SPMA Fakultas dan sebagian yang lain dari dana Institut. Di bawah koordinasi langsung PD III, semua kegiatan kemahasiswaan tersebut pada akhir Desember kemarin telah dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

Prestasi atau kejuaraan yang telah dapat diraih oleh mahasiswa FSR ISI Yogyakarta selama tahun 2011 adalah:

  • Mahasiswa Berprestasi Tingkat Institut a.n. Gloria Grace Tanama (DKV).
  • Juara 1 lomba logo Keketuaan Indonesia Asean 2011, a.n. Edi Jatmiko (DKV)
  • Juara 1 lomba logo UIN Sunan Kalijaga, a.n. Edi Jatmiko (DKV).
  • Juara 1 lomba logo PT. KAI tingkat nasional, a.n. Farid (DKV).
  • Juara …lomba Desain Orijinal Kostum, a.n. Yusuf Bima Putra (SK).
  • Juara 3 lomba Batik untuk Mahasiswa tingkat Nasional dalam rangka Batik Summit 2011, a.n. Zuriah (SK). Pada lomba ini masih ada 3 mahasiswa lain yang menjadi finalis.
  • Juara 3 lomba Batik Nasional untuk Umum, oleh Pemda Gunung Kidul.
  • Juara 3 pada Lomba Illustrasi Faber Castell tingkat nasional, a.n. M Fadli mahasiswa Jurusan Seni Murni.

Sementara itu mahasiswa FSR yang telah dapat meraih beasiswa, PPA, BBM, dan Super Semar, pada tahun 2011 berjumlah 261 orang. Satu mahasiswa Sdr. Mahdi Nurcahyo (Prodi DI) memperoleh beasiswa Super Semar Unggulan.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Untuk tahun 2011 dosen yang studi lanjut ada 46 orang, yaitu 33 S-2 dan 13 S-3, terdapat 3 dosen yang telah berhasil menyelesaikan studinya yaitu: Sdr. Anom Wibisono, S.Sn.,M.Sc., Sdr. Drs. Titoes Libert, M.Sn. Sdr. OC Priyanto, ST., M.Arch. Di penghujung tahun 2011 salah satu dosen Jurusan Seni Murni, yaitu yang saya hormati Drs. Edy Sunaryo, MS., sudah berhasil menempuh ujian tertutup sebagai Doktor Penciptaan. Ujian promosi terbukanya akan diselenggarakan pada hari Senin 16 Januari 2012, kami pimpinan Fakultas dan tentunya seluruh civitas akademika mendo’akan untuk kesuksesan Pak Edy pada ujian promosi esok.

Selanjutnya Fakultas mendapat tambahan tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di tahun 2011 yaitu Sdri. Tri Septiana Kurniati, S.Pd., M.Hum., dan Sdr. Nanik Iriantini, A.Md. Tahun 2011 dosen yang pensiun adalah Drs. Soebroto, MS., sedangkan pegawai pensiun ada 2 yaitu Ibu Sri Suharni, BA., dan Pak Sucipto. Saya mewakili Pimpinan Fakultas dan seluruh civitas akademika mengucapkan selamat dan terimakasih banyak atas pengabdian Bapak dan Ibu selama ini, mohon maaf apabila ada kesalahan baik yang kami sengaja ataupun tidak.

Untuk tahun 2011 kami bersyukur bahwa sejumlah besar Tenaga Pendidik FSR dapat lulus sertifikasi dosen, yaitu sebanyak 28 orang, sehingga untuk saat ini terdapat 69 orang dosen yang telah tersertifikasi. Namun begitu untuk yang sertifikasi tahun 2011, baru keluar berita kelulusannya saja dan belum turun sertifikat serta SK-nya sehingga tunjangan belum dapat dibayarkan. Saya ikut berdo’a mudah-mudahan sertifikat dan SK segera turun sehingga tunjangan juga dapat dibayarkan, amin.

Program lain terkait dengan pengembangan sumber daya manusia Fakultas dan reformasi birokrasi Kemendikbud adalah renumerasi, yaitu program penataan bentuk imbalan yang akan diberikan kepada para pegawai atas kontribusi yang diberikannya kepada lembaga. Untuk saat ini sedang dilakukan analisis jabatan untuk seluruh pegawai di lingkungan ISI Yogyakarta.

Bidang Sarana dan Prasarana

Pada bidang ini beberapa kegiatan telah dikerjakan yaitu pemeliharaan gedung pendidikan, dilingkungan FSR ISI Yogyakarta menelan biaya 85 juta, pemeliharaan alat pendidikan mencapai 95 juta.

Dalam hibah Peningkatan Industri Kreatif, pelaksana program di FSR ISI Yk., adalah Prodi DKV dengan kegiatan pengembangkan matakuliah Komik, dana yang diraih 150 juta, untuk perbaikan kurikulum dan pengadaan peralatan studio.

Peralatan Pendidikan untuk Jurusan dan Prodi di FSR dari APBNP ISI Yk sejumlah 825 juta, dan pengadaan barang praktikum 150 juta.

Pembangunan Gedung Kuliah Umum dan Pameran “Sasana Aji Yasa” senilai 4,3 milyar. Perlu saya sampaikan pula bahwa gedung ini dapat terbangun berkat perjuangan dan kerja keras Bapak Age Hartono selaku PD II FSR, yang sejak dari awal pengusulan, perencanaan, perancangan hingga ke pembangunannya tahun 2011 kemarin menjadi motor utama sehingga gedung ini pada akhirnya dapat terwujud, untuk itu saya mewakili Fakultas mengucapkan terimakasih banyak atas perjuangan dan dedikasinya.

Bidang Kerjasama

Beberapa kegiatan kerjasama Fakultas, dalam hal ini dilakukan oleh Jurusan Seni Murni, yang telah dilaksanakan selama tahun 2011 adalah workshop Kaligrafi bersama seniman Jepang, pameran patung bersama seniman Australia Pak Keith, keduanya merupakan kerjasama dengan Paska Sarjana ISI Yogyakarta. Kerjasama lain, dengan Faber Castell: menyelenggarakan lomba ilustrasi untuk umum  tingkat nasional. Workshop ilustrasi dengan seniman Jerman Julia Kaergel, disponsori oleh Goethe Institut (Desember). Kerjasama dengan Ester Hazy, yaitu residensi dua mahasiswa dari Hongaria ke FSR ISI Yogyakarta, selama 1 semester, kemarin berpameran di Galeri Katamsi, bersama 3 mahasiswa internasional lainnya.

Sementara itu FSR bersama Unit Urusan Internasional ISI Yogyakarta tahun 2011, atas rekomendasi dari DIKTI, sudah merancang kerjasama dengan dua universitas Amerika, yaitu Chatham University, Pittsburg dan Miami Dale Collage, untuk menyelenggarakan summer course yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2012.

Para hadirin yang mulia,

Seorang Bill Gates pernah mengatakan “… adalah baik untuk merayakan kesuksesan, tetapi adalah lebih penting untuk mengambil pelajaran dari kegagalan”. Melihat pada beberapa kegagalan atau kebelum berhasilan FSR ISI Yk., pada tahun 2011 lalu, kami sadar bahwa masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan, untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas lembaga. Beberapa aspek yang saya pandang perlu dibangun dan ditingkatkan adalah: tata laksana organisasi, kualitas pelayanan pendidikan, atmosfir akademik, entepreneurship lembaga serta jaringan kerjasama.

Untuk mengakhiri laporan saya ini, perkenankan saya mohon kepada segenap warga Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta marilah kita bersama-sama memajukkan FSR yang kita cintai ini. Betatapun tidak berartinya posisi atau diri kita dalam lembaga selalu ada sesuatu yang bisa kita kerjakan untuk memajuan fakultas ini, dan sekecil apapun kontribusi yang kita berikan (saya yakin) ia akan memberi manfaat bagi lembaga, masyarakat dan negara. Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya atas nama Fakultas menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Dr. M Agus Burhan, M.Hum. (Dekan Fakultas Seni Rupa periode 2008-2011) yang telah meletakkan dasar dan mengawali program kegiatan fakultas pada tahun 2011 lalu, tanpa kepemimpinan beliau banyak target dan prestasi FSR  niscaya tidak akan dapat terwujud. Penghargaan dan terimakasih juga saya sampaikan kepada para Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan atas kesetiaan dan pengabdiannya selama ini kepada Fakultas. Demikian pula kepada para mahasiswa yang telah membawa nama harum FSR ISI Yogyakarta, kepada para alumni saya sampaikan penghargaan setingg-tingginya atas bantuan dan partisipasi aktif dalam memajukkan Fakutas kita. Dan kepada institusi lain dan pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah banyak berperan dalam rangka peningkatan kualitas maupun dalam proses belajar mengajar. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada Drs. Suwarno Wistrotomo, M.Hum. kandidat doktor atas kesediannya menyampaikan pidato “Dari Poros Gampingan ke Poros Sewon Bantul” pada peringatan Hari lahir FSR ISI Yk., ke-62 kali ini.

Akhirnya kepada para hadirin sekalian, saya haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kesabarannya mengikui pembacaan laporan Dekan Tahun 2011, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan yang tidak berkenan di hati hadirin sekalian.

Billahitaufiq wal hidyah. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 14 Januari 2012
Dekan,

Dr. Suastiwi Triatmojo, M.Des.
19590802 198803 2 002

 

 

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.