Peringatan Harlah “ASRI” Ke-67

Pada Hari Seni, 16 Januari 2017 bertempat di Gedung Sasana Ajiyasa Lt. 2 telah dilaksanakan peringatan Harlah “ASRI” ke-67. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta untuk mengenang sejarah masa lalu. Acara ini dilalukan secara bergilir tiap tahun, pada kesempatan kali ini yang menjadi panitia ada Jurusan Tatakelola Seni yang diketuai oleh Arinta Agustina, S.Sn., M.A. yang merupakan Sekretaris Jurusan Tatakeloa Seni. adapun latar belakang dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Latar Belakang
Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) yang telah berdiri 67 tahun yang lampau, merupakan cikal bakal hadirnya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sejak berdirinya, FSR ISI Yogyakarta terus menjaga kesinambungan ingatan yang terus menerus dengan institusi awal (ASRI) adalah  sebuah kewajiban yang harus dilakukan dalam mewujudkan keunggulan yang spesifik di bidang seni rupa. Juga hubungan dengan mahasiswa, dosen, alumni dan para purnakarya. Banyak seniman besar dan maestro sudah dilahirkan, sederet prestasi pun telah terukir untuk negeri ini, menjadi barisan sejarah yang tiada bandingnya.

Oleh karena itu pada peringatan Harlah ASRI kali ini panitia terpanggil untuk mempersembahkan kepada almamater sebuah gerakan yang menggugah kembali mahasiswa sebagai aset bangsa ini dengan kembali menengok sejarah dan perjalanan ASRI hingga menjadi FSR ISI Yogyakarta. Tema kegiatan kami beri tajuk “Jasmerah; Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”. Dengan harapan gerakan ini menjadi ajang pemahaman akan kesejarahan yang tepat bagi mahasiswa dan masyarakat luas.

Tujuan & Manfaat

  1. Menggugah kembali rasa nasionalisme generasi muda lewat perjalanan individu dalam sejarah seni rupa Indonesia.
  2. Membangun dialektika antar generasi dalam berkarya.
  3. Memupuk nilai-nilai nasionalisme lewat karya seni.
  4. Memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk bangga menjadi Indonesia.
  5. Memperkuat identitas sebagai bangsa yang berdaulat dengan seni sebagai media ekspresi.
  6. Menyiapkan pemimpin masa depan yang berjiwa patriotis dan nasionalis.

Hasil Yang Diharapkan dari kegiatan ini adalah :

  1. Peningkatan relasi serta keakraban di antara dosen, pegawai, mahasiswa, alumni dan purnakarya sebagai satu lembaga.
  2. Peningkatan kerja sama dan etos kerja seluruh sivitas akademika.
  3. Meningkatkan citra lembaga di dunia pendidikan seni umumnya dan dunia pendidikan seni rupa khususnya.
  4. Memperkuat eksistensi lembaga serta memperkokoh hubungan dengan berbagai pihak yang memiliki intensi dalam bidang pendidikan seni rupa.

Adapun dokumentasi peringatan harlah sebagai berikut :

 

Share This:

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.