Pameran Seni Rupa Alumni ISI Yogyakarta “Figurasi”

PameranKomentar Dinonaktifkan pada Pameran Seni Rupa Alumni ISI Yogyakarta “Figurasi”

18desember-2013-15januari2014-pameran-seni-rupa-alumni-isi-yogyakarta-figurasi1UPT Galeri ISI Yogyakarta akan menggelar Pameran Seni Rupa Alumni ISI Yogyakarta berjudul “Figurasi” pada RabU (18/12/2013) hingga 15 Januari 2014 di galeri Seni Rupa ISI Yogyakarta. Pameran seni rupa “Figurasi” akan menghadirkan karya-karya lukis dan patung figuratif dari 13 seniman lulusan ASRI Yogyakarta yang sekarang menjadi ISI Yogyakarta.

Ke-13 perupa tersebut adalah Abdi Setiawan, Budi Kustarto, Dunadi, Haris Purnama, Ichwan Noor, Ivan Sagita, Joni Basri, Setyo Priyo Nugroho, Sigit Santosa, Teguh Supriono, Wahyu Santosa, Win Dwi Laksono dan Yuswantoro Adi.
Kurator pameran “Figurasi”, Anusapati, menjelaskan, pameran ini memang secara khusus menghadirkan perupa-perupa alumni STSRI-ASRI dan ISI Yogyakarta yang memiliki kemampuan melukis gaya figuratif yang kuat.

“Mereka memperlihatkan kekuatan penggunaan citra figur secara kreatif sebagai idiom utama dalam karya-karyanya dengan basis representasi figur realistik-fotografik,” kata Anusapati dalam jumpa pers pameran “Figuratif”, Senin (`16/12).
“Tentu saja 13 perupa yang terlibat dalam pameran ini belum mewakili semua alumni seni rupa ISI Jogja namun harapannya, para peserta yang diajak pameran bisa cukup representatif mewakili melalui karya-karya mereka.,” tambah Anusapati.

Lebih jauh Anusapati menjelaskan seni rupa Jogja yang diwakilii STSRI-ASRI dan sekarang ISI Yogyakarta memiliki kekuatan pada gaya figuratif-realistik dalam lukisan-lukisan mereka . Kekuatan gaya figuratif ini dimulai sejak masa awal pertumbuhan seni rupa modern Indonesia.
Lahirnya PERSAGI, Sanggar Peluksi Rakjat, Pelukis Indonesia Muda dengan tokoh-tokohnya seperti Affandi, Soedjojono, Hendra Gunawan, dll menjadi tonggak perkembangan seni rupa modern Indoneisa yang melahirkan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) di Yogyakarta.

 

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.