PAMERAN FAKULTAS SENI RUPA ISI YOGYAKARTA “HIKAYAT RUPA” DI TAMAN BUDAYA PROVINSI RIAU

PameranComments Off on PAMERAN FAKULTAS SENI RUPA ISI YOGYAKARTA “HIKAYAT RUPA” DI TAMAN BUDAYA PROVINSI RIAU

2

Pameran Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

Taman Budaya Riau

Jl. Jend. Sudirman 168 Pekanbaru

2-4 Oktober 2013

Pembukaan 2 Oktober 2013 jam 10.00

 

‘Hikayat Rupa: Art and Knowledge’, 2013

Salam Budaya,

Pameran ini merupakan kali pertama civitas akademik Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta (FSR ISI Yogyakarta) bertandang dan menggelar pameran seni rupa di Pekan Baru melalui Taman Budaya Riau. Momen ini mempunyai arti penting, karena bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman produk seni rupa dengan berbagai kandungan artistik, pun filosofis yang dimilikinya serta mempresentasikan keragaman hasil capaian pendidikan FSR ISI Yogyakarta. Dengan demikian akan membuka cakrawala baru yang lebih luas dan berkontribusi positif terhadap penciptaan karya seni di lingkungan seni rupa Riau. FSR ISI Yogyakarta sebagaimana tercatat dalam sejarah merupakan lembaga pendidikan seni rupa yang telah mengalami periode perkembangan selama 63 tahun, semenjak bentukan awal dari Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) tahu 1950. Hasilnya, salah satunya dalam pameran sejumlah 60 karya seni terbaik mahasiswa dengan tajuk kuratorial ‘Hikayat Rupa: Art and Knowledge’ akan memberikan khasanah penampang visual capaian artistik dari berbagai jurusan seni meliputi Seni Rupa Murni , Seni Desain, dan Kriya Seni.

Seni dalam berbagai bentuknya selalu memiliki keterkaitan satu dengan lainnya, diantara sebagai media ekspresi personal, ekspresi kebudayaan, dan catatan perkembangan jiwa jaman. Pameran ini beriktiar berbagi potensi estetik yang timbul dari penciptaan seni dengan seniman, pecinta seni, maupun generasi pelajar Riau di mana potensi seni Riau kami lihat sangat kaya dengan ragam bentuk kesenian, baik seni pertunjukan seperti teater, tari, musik, dan nyanyian sastra maupun seni rupa. Dalam perkembangannya, kesenian tersebut memiliki kaitan erat dengan kegiatan adat, tradisi, maupun keagamaan yang terwarisi turun temurun. Semoga dengan diadakannya pameran seni rupa ‘Hikayat Rupa: Art and Knowledge’  melalui kantong-kantong akademik bekerja sama dengan instansi pemerintahan seperti FSR ISI Yogyakarta dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Taman Budaya Riau), dan Dinas Pendidikan, akan memompa darah-darah segar kreativitas seni di Riau dan tentunya untuk generasi pelajarnya untuk turut serta terlibat aktif dalam pendidikan seni rupa melalui jenjang pendidikan tinggi seni FSR ISI Yogyakarta. Atas terwujudnya pelaksanaan pameran ini, tentunya ungkapan terima kasih terdalam saya ucapkan kepada rekan-rekan panitia; baik dari unsur dosen dan kepegawaian. Tidak terlupakan ucapan terima kasih kepada Dekan FSR ISI Yogyakarta yang telah mempercayakan kepada saya mengelola pameran ini bersama tim kepanitiaan. Atas kerja sama dan koordinasinya yang cair dan akrab, saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Taman

Budaya Riau dan staff . Untuk masyarakat seni Riau, selamat menikmati panorama estetika seni rupa civitas akademik FSR ISI Yogyakarta, terima kasih atas kehadiran dan apresiasinya. Semoga pameran ini menjadi pintu pembuka jalinan kerjasama kita yang lebih dekat dan erat antara FSR ISI Yogyakarta dan penggerak kesenian di Riau.

 

Yogyakarta, 10 September 2013

I Gede Arya Sucitra, S.Sn., M.A.

 

 

 1

Dokumentasi Pameran Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta di Taman Budaya Riau

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13 14

15

16

 

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.