KEUANGAN DAN KEPEGAWAIAN

Bidang Keuangan dan Kepegawian FSR ISI Yogyakarta mempunyai tugas tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun program kerja subbagian keuangan dan kepegawiaan fakultas sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Menilai prestasi kerja sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karir
  3. Menelaan peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan kepegawaian
  4. Menyusun konsep rencana kebutuhan pegawai administrasi dan edukasi berdasarkan data dan informasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  5. Menyusun konsep usul pengadaan dan penempatan pegawai di lingkungan fakultas
  6. Menyusun konsep usul mutasi pegawai sesui data dan informasi
  7. Menyusun konsep usul pengangkatan dosen luar biasa sesuai kebutuhan
  8. Melayani permohonan cuti pegawai di lingkungan fakultas
  9. Mengusulkan pembuatan karis, karsu, askes, penghargaan pegawai berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk diproses lebih lanjut
  10. Mengusulkan pemberhentian dan pemensiunan pegawai
  11. Melakukan usuran pembayaran tunjangan kehormatan dan profesi, uang makan, lembur vakasi, perjalanan dinas, honorarium lainnya
  12. Menyelesaikan kasus pegawai untuk tertib administrasi
  13. Merencanakan penggunaan anggaran rutin dan pembangunan

LAYANAN BIDANG KEPEGAWAIAN

  1. Mengusulkan Surat Pernyataan melaksanakan Tugas (SPMT) CPNS
    Syaratnya :
  • Fotokopi SK CPNS *)
  • Fotokopi buku rekening BNI (halaman depan) *)
  • Fotokopi NPWP *)
  • Fotokopi KTP *)
  • Fotokopi akta nikah + anak(jika sudah menikah) *)
  • Pasphoto ukuran 4 x 6 + CD (Softcopy) *)
    *) masing-masing 3 lembar
  1. Mengusulkan pengangkatan PNS dan permohonan kartu pegawai
    Syaratnya :
  • Fotokopi SK CPNS *)
  • Fotokopi Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan *)
  • Fotokopi Hasil Pengujian Kesehatan
  • Fotokopi Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) *)
  • Pasphoto 3 x 4 sebanyak 4(empat) lembar
    *) masing-masing 3 lembar
  1. Mengusulkan Peserta Taspen
    Syaratnya :
  • Fotokopi SK CPNS *)
  • Fotokopi SK PNS *)
  • Fotokopi SK CPNS *)
  • Surat keterangan mendapatkan pembayaran tunjangan keluarga
  • Fotokopi daftar gaji pegawai g golongan II
  • Fotokopi kenaikan gaji berkala
    *) masing-masing 3 lembar
  1. Membuat konsep usulan karis/Karsu
    Syaratnya :
  • Fotokopi Akta Perkawinan yang dilegalisir  *)
  • Pasphoto 3 x 4 (hitam putih) : 4 lembar
    *) masing-masing 3 lembar
  1. Membuat konsep usulan Tugas Belajar
    Persyaratan Tugas Belajar :
    1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
    2. Foto copy Karpeg;
    3. Foto copy SK CPNS;
    4. Foto copy SK PNS;
    5. Foto copy SK Kenaikan Pangkat terakhir;
    6. Foto copy SK Jabatan terakhir;
    7. Foto copy SKP 2 tahun terakhir;
    8. Foto copy KP-4 (contoh form dapat di unduh di laman www.kopertis7.go.id);
    9. Foto copy Akta Nikah;
    10. Surat Rekomendasi dari Pimpinan PTS;
    11. Surat Perjanjian Tugas Belajar BPPDN/BPPLN/BPPS;
    12. Surat Perjanjian Tugas Belajar dari PTS;
    13. Surat Perjanjian Tugas Belajar dari Koordinator Kopertis Wilayah VII (contoh form dapat
    di unduh di laman www.kopertis7.go.id);
    14. Surat Jaminan Pembiayaan Tugas Belajar (Pengumuman BPPDN/BPPLN/BPPS);
    15. Surat Pernyataan dari pimpinan unit kerja mengenai bidang studi yang akan ditempuh
    mempunyai hubungan atau sesuai dengan tugas pekerjaannya;
    16. Surat Pengumuman diterima di Program Pascasarjana;
    17. Surat Pernyataan dibebaskan dari tugas sehari-hari;
    18. Surat Permohonan dari Pimpinan PTS;
    19. Surat Pernyataan Berkelakuan Baik (contoh form dapat di unduh di laman
    www.kopertis7.go.id);
    20. Surat Persetujuan Penugasan dari Sekneg (u/ TB luar negeri).
    21. Point 1 s.d. 20 dibuat rangkap 3 (Tiga)

5. Membuat konsep usulan Ijin Belajar, dengan persyaratan :
1. Surat Permohonan dari Unit Kerja;
2. Foto copy Karpeg;
3. Foto copy SK CPNS;
4. Foto copy SK PNS;
5. Foto copy SK Kenaikan Pangkat terakhir;
6. Foto copy SK Jabatan terakhir;
7. Foto copy SKP 2 tahun terakhir;
8. Surat Pengumuman diterima Program Pascasarjana;
9. Foto copy Surat Keterangan Pembiayaan Studi;
10. Foto copy Surat Penugasan dari Pimpinan Unit Kerja;
11. Surat Keterangan Dokter;
12. Surat Pernyataan Tidak Menuntut Kenaikan Pangkat atau Penyesuaian Ijazah;
13. Surat Pernyataan Masih Diberikan Jam Mengajar;
14. Surat Keterangan mengenai bidang studi yang akan ditempuh sesuai dengan tugas
pekerjaannya.
15. Point 1 s.d. 14 dibuat rangkap 2 (Dua)

Perbedaan Hak dan Kewajiban bagi Dosen Tugas Belajar dan Ijin Belajar

 

Ditinjau dari segi hak:

1) Dosen tugas belajar berhak menerima beasiswa dari pemerintah sedangkan ijin belajar dana berasal dari biaya sendiri atau donator di luar instansi (berlaku untuk dosen PNS dan PTS)

2) Dosen tugas belajar dibebas-tugaskan selama studi lanjut untuk itu bagi yang memiliki jabatan akademik dosen tak berhak tunjangan profesi dosen, sementara yang ijin belajar tak dibebas-tugaskan maka tetap peroleh tunjangan profesi dosen.( berlaku untuk dosen PNS dan PTS)

3) Bagi yang berstatus PNS, yang tugas belajar tidak mendapat tujangan jabatan dosen sedangkan yang ijin belajar tetap memperoleh.(berlaku untuk dosen PNS)

4) Dosen tugas belajar tak berhak mengusulkan kenaikan jabatan/pangkat selama tugas belajar, sementara yang izin belajar berhak mengusulkan( berlaku untuk dosen PNS dan PTS)

5) Publikasi selama studi lanjut bagi yang tugas belajar tidak bisa dihitung sebagai angka kredit karena statusnya bukan dosen, sementara yang ijin belajar bila studi lanjut atas nama mahasiswa Pasca juga tak bisa dihitung sebagai angka kredit terkecuali studi lanjut atas nama dosen PTN/PTS. (berlaku untuk dosen PNS dan PTS)

Ditinjau dari segi kewajiban ( berlaku untuk dosen PNS dan PTS)

1) Dosen tugas belajar tak berkewajiban melaksanakan beban kerja dosen sedangkan yang ijin belajar tetap berkewajiban melaksanakan BKD apabila statusnya dosen tetap

2) Yang tugas belajar dibebastugaskan maka tak wajib melaksanakan kegiatan tridharma PT, yang ijin belajar tidak dibebas-tugaskan maka kegiatan tridharma PT wajib dilaksanakan.

3) Serdos itu wajib bagi dosen, namun yang tugas belajar tidak wajib diikut sertakan, sementara yang ijin belajar bila persyaratan sudah cukup bisa diikut-sertakan.

 

 

6. Persyaratan Pengaktifan Kembali:
1. Surat Permohonan dari Pimpinan PTS
2. Surat Pengembalian dari PT Penyelenggara
3. SK Tugas Belajar dari Biro SDM Kemristekdikti
4. Surat Pembebasan Sementara dari Biro SDM Kemristekdikti (apabila belum ada, dari
pimpinan PTS)
5. Fotocopy Ijazah (apabila belum diterbitkan boleh memakai Surat keterangan Lulus Sementara)
6. Laporan selama studi (transkrip nilai dan narasi)
7. Foto copy SK Pangkat Terakhir
8. Foto copy Jabatan Terakhir
9. SKP satu tahun terakhir
10. Point 1 s.d. 9 dibuat rangkap 2 (Dua)

7. Membuat konsep usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) Dosen, dengan materi :

dapat di download di link Petunjuk_Operasional_PAK-_update-Juni-2015 (1)

No. UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN
I  PENDIDIKAN
A Pendidikan formal
1 Doktor (S3)
2 Magister (S2)
B Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan
Pendidikan dan pelatihan Prajabatan golongan III
II  PELAKSANAAN PENDIDIKAN
A Melaksanakan perkuliahan/tutorial dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan pendidikan di laboratorium, praktek keguruan bengkel /studio / kebun percobaan/teknologi pengajaran dan praktek lapangan
Melaksanakan perkuliahan/tutorial dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan pendidikan di Laboratorium, Praktek Keguruan Bengkel/Studio/Kebun pada Fakultas/ Sekolah Tinggi/Akademi/Politeknik sendiri, pada fakultas lain, maupun di luar perguruan tinggi sendiri, maupun di luar perguruan tinggi sendiri secara melembaga paling banyak 12 sks per semester
B Membimbing seminar
Membimbing mahasiswa seminar
C Membimbing kuliah kerja nyata, praktek kerja nyata, praktek kerja lapangan
Membimbing mahasiswa kuliah kerja nyata, praktek kerja nyata, praktek kerja lapangan
D Membimbing dan ikut membimbing dalam menghasilkan disertasi, thesis, skripsi dan laporan akhir studi
1 Pembimbing utama
a. Disertasi
b. Thesis
c. Skripsi
d. Laporan akhir
2 Pembimbing pendamping/pembantu
a. Disertasi
b. Thesis
c. Skripsi
d. Laporan akhir
E Bertugas sebagai penguji pada ujian akhir
1 Ketua Penguji
2 Anggota penguji
F Membina kegiatan mahasiswa
Melakukan pembinaan kegiatan mahasiswa di bidang Akademik dan Kemahasiswaan
G Mengembangkan program kuliah
Melakukan kegiatan pengembangan program kuliah
H Mengembangkan bahan pengajaran
1 Buku ajar
2 Diktat, modul, petunjuk praktikum, model, alat bantu, audio visual, naskah tutorial
I Menyampaikan orasi ilmiah
Melakukan kegiatan orasi ilmiah pada perguruan tinggi tiap tahun
J Menduduki jabatan pimpinan perguruan tinggi
1 Rektor
2 Pembantu Rektor/Dekan/Direktur Program Pascasarjana
3 Ketua Sekolah Tinggi/Pembantu Dekan/ Asisten Direktur Program Pascasarjana/ Direktur Politeknik
4 Pembantu Ketua Sekolah Tinggi/Pembantu Direktur Politeknik
5 Direktur Akademi
6 Pembantu Direktur Akademi/Ketua Jurusan/bagian pada Universitas/ Institut/Sekolah Tinggi
7 Ketua Jurusan pada Politeknik/Akademi/ Sekretaris Jurusan/Bagian pada universitas/ Institut/Sekolah Tinggi
8 Sekretaris Jurusan pada politeknik/ akademik dan kepala laboratorium universitas/institut/sekolah tinggi/ politeknik/akademik.
K Membimbing Akademik Dosen yang lebih rendah jabatannya
1 Pembimbing pencangkokan
2 Reguler
L Melaksanakan kegiatan detasering dan pencangkokan Akademik Dosen
1 Detasering
2 Pencangkokan
M Melakukan kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi
1 Lamanya lebih dari 950 jam
2 Lamanya 641 – 960 jam
3 Lamanya 481 – 640 jam
4 Lamanya 161 – 480 jam
5 Lamanya 81 – 160 jam
6 Lamanya 31 – 80 jam
7 Lamanya 10 – 30 jam
Sub Jumlah
III PELAKSANAAN PENELITIAN
A Menghasilkan karya ilmiah
1 Hasil penelitian atau pemikiran yang dipublikasikan
a Dalam bentuk :
1) Monograf
2) Buku referensi
b Jurnal ilmiah
1) Internasional
2) Nasional terakreditasi
3) Tidak terakreditasi
c. Seminar
1) Disajikan tingkat:
a) Internasional
b) Nasional
2) Poster tingkat:
a) Internasional
b) Nasional
d Dalam koran/majalah populer/umum
2 Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang tidak dipublikasikan (tersimpan di perpustakaan perguruan tinggi)
B Menerjemahkan / menyadur buku ilmiah
Diterbitkan dan diedarkan secara nasional
C Mengedit / menyunting karya ilmiah
Diterbitkan dan diedarkan secara nasional
D Membuat rencana dan karya teknologi yang dipatenkan
1 Internasional
2 Nasional
E Membuat rancangan dan karya teknologi, rancangan dan karya seni monumental / seni pertunjukan / karya sastra
1 Tingkat internasional
2 Tingkat nasional
3 Tingkat lokal
Sub Jumlah
IV PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
A Menduduki jabatan pimpinan
Menduduki jabatan pimpinan pada lembaga pemerintahan / pejabat negara yang harus dibebaskan dari jabatan organiknya
B Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian
Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat
C Memberi latihan/penyuluhan/penataran/ceramah pada masyarakat
1 Terjadwal / terprogram.
a Dalam satu semester atau lebih
1) Tingkat internasional
2) Tingkat nasional
3) Tingkat lokal
b Kurang dari satu semester dan minimal satu bulan
1) Tingkat internasional
2) Tingkat nasional
3) Tingkat lokal
2 Insidental
D Memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan
1 Berdasarkan bidang keahlian
2 Berdasarkan penugasan lembaga perguruan tinggi
3 Berdasarkan fungsi/jabatan
E Membuat/menulis karya pengabdian
Membuat/menulis karya pengabdian pada masyarakat yang tidak dipublikasikan
Sub Jumlah
JUMLAH  UNSUR  UTAMA
V. PENUNJANG TUGAS DOSEN
A Menjadi anggota dalam suatu Panitia/Badan pada perguruan tinggi
1 Sebagai ketua/wakil ketua merangkap anggota
2 Sebagai anggota
B Menjadi anggota panitia/badan pada lembaga pemerintah
1 Panitia pusat
a. Ketua/Wakil Ketua
b. Anggota
2 Panitia daerah
a. Ketua/Wakil Ketua
b. Anggota
C Menjadi anggota organisasi profesi
1 Tingkat internasional
a. Pengurus
b. Anggota atas permintaan
c. Anggota
2 Tingkat nasional
a. Pengurus
b. Anggota atas permintaan
c. Anggota
D Mewakili perguruan tinggi/lembaga pemerintah
Mewakili perguruan tinggi/lembaga pemerintah duduk dalam panitia antar lembaga
E Menjadi anggota delegasi nasional ke pertemuan internasional
1 Sebagai ketua delegasi
2 Sebagai anggota delegasi
F Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 Tingkat internasional/nasional/regional sebagai:
a. Ketua delegasi
b. Anggota delegasi
2 Di lingkungan perguruan tinggi sebagai:
a. Ketua delegasi
b. Anggota delegasi
G Mendapat penghargaan / tanda jasa
1 Penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karya Satya
a. 30 (tiga puluh) tahun
b. 20 (dua puluh) tahun
c. 10 (sepuluh) tahun
2 Memperoleh penghargaan lainnya
a. Tingkat internasional
b. Tingkat nasional
c. Tingkat provinsi
H Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
1 Buku SLTA atau setingkat
2 Buku SLTP atau setingkat
3 Buku SD atau setingkat
I Mempunyai prestasi dibidang olahraga/humaniora
1 Tingkat internasional
2 Tingkat nasional
3 Tingkat daerah/lokal
J Keanggotaan dalam tim penilaian
Menjadi anggota tim penilaian jabatan Akademik Dosen

Kelengkapan Berkas Usulalan Angka Kredit Dosen :

  • Surat Pernyataan Pendidikan
  • Surat Pernyataan Penelitian
  • Surat Peryataan Pengabdian
  • Surat Pernyataan Penunjang
  • Surat Keterangan Spesialis Mengajar
  • Fotokopi Usulan PAK
  • Fotokopi Berita Acara Senat
  • Fotokopi Daftar Hadir Senat
  • Fotokopi SK Pangkat dan Jabatan terakhir
  • Fotokopi PAK Terakhir
  • Fotokopi SKP dan PPK 2 tahun Terakhir
  • Fotokopi Konversi NIP dan Karpeg

*) masing-masing rangkap 2

7. Membuat konsep usulan kenaikan pangkat
Syaratnya :

  • Fotokopi Surat Keputusan Calon Pegawai *)
  • Fotokopi Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil *)
  • Fotokopi Surat Keputusan Pangkat Terakhir *)
  • Fotokopi KPE *)
  • Fotokopi Kartu Pegawai *)
  • Fotokopi Kenaikan Berkala *)
  • Fotokopi Penilaian SKP 2 tahun terakhir *)
    *) masing – masing fc 3 lembar

8. Membuat konsep usulan kenaikan gaji berkala, dengan syarat :

  • SK Pangkat Terakhir / Sk KGB Terakhir

8. Membuat konsep usulan TPLB

10. Membuat konsep usulan pemberhentian

11. Membuat konsep usulan pensiun, dengan persyaratan :

  • Fotokopi SK CPNS/SK Pengangkatan I
  • Fotokopi SK Kenaikan Pangkat Terakhir
  • Foto Copy Akta Perkawinan/ Surat Nikah
  • Foto Copy Akta Kelahiran Anak
  • Pas Photo 4 X 6 sebanyak 5 lembar
  • DP 3 Tahun terakhir
  • Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Berat atau Sedang dibuat oleh instansi
  • Alamat Sebelum dan Sesudah Pensiun
  • Foto Copy Daftar Susunan Keluarga
  • Foto Copy SK PMK jika pernah dilakukan Peninjauan terhadap masa kerjanya.

Comments are closed.

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.