Tatakelola Seni (Manajemen)

Rancangan Kurikulum

Jurusan/Program Studi S-1 Tatakelola Seni (Manajemen)

Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

 

Nama                    : Tatakelola Seni

Strata                    : S1 (Undergraduate Studies)

Wilayah               : Indonesia

Tempat                 : Yogyakarta

Institusi               : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Masa kuliah       :  4 tahun

Gelar                    : S. Sn. (Sarjana Seni)

Biaya                    : Rp. 2.200.000/semester

 

Deskripsi Program Studi dan Konsentrasi :

 

Program Studi Tatakelola Seni atau Manajemen Seni ini merupakan program strata satu (S-1)

yang dilaksanakan dalam 8 semester dan dipayungi oleh Fakultas Seni Rupa, sejak 2014. Program studi ini merupakan yang pertama di Indonesia untuk jenjang strata satu dan memiliki konsentrasi studi pengelolaan bidang Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam, Budaya dan Pariwisata.

Visi :

Menjadi program studi tatakelola  seni strata satu terkemuka di Indonesia yang menyiapkan lulusan unggul dalam hal kecendekiaan, keprofesionalan, dan dapat memenuhi kebutuhan fungsi-fungsi infrastruktur seni, budaya dan pariwisata, dilingkup Nasional maupun Internasional. Berwawasan kebangsaan dan aktif memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan falsafah Pancasila.

Misi :

  • Menyelenggarakan proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai subyek yang aktif dan berdaya dalam pengelolaan potensi budaya yang plural dan multikultural berdasarkan budaya lokal nusantara agar memiliki daya saing dalam percaturan global dan perkembangan jaman.
  • Menyiapkan lulusan dengan yang memiliki integritas sikap dan tanggung jawab, menguasai pengetahuan yang dipelajari selama studi, dan mampu menerapkannya secara aktif dalam praktik pengelolaan bidang Seni Rupa, Seni Pertunjukan, dan Budaya dan Pariwisita secara mandiri, kreatif dan berdaya saing.
  • Melatih peserta didik dalam mengimplementasikan penelitian kedalam tindakan yang dapat menjawab persoalan dan kebutuhan fungsi-fungsi infrastruktur seni, budaya dan pariwisata, baik dalam pergaulan Nasional dan Internasional.
  • Meningkatkan produksi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung sinergi antara bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  • Mengembangkan kerjasama yang setara, sinergis dan mutualistis antar lembaga, baik di dalam maupun luar negeri secara aktif, dan berkelanjutan.

Profil Lulusan   :

Program Studi Stata Satu Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menjadi Manajer Seni dan Kurator Seni. Dapat di jabarkan dalam fungsi yang lebih spesifik, antara lain menjadi:

  1. Analis Seni Budaya
  2. Kurator Seni
  3. Pengkaji, Peneliti, dan Pengamat seni
  • Analis dan Konsultan Seni
  • Pengkaji strategi pengelolaan budaya, seni, dan pariwisata
  1. Wirausahawan Kreatif (Creativepreneurship)

Lulusan akan memilki Pengetahuan, sikap, dan keahlian dalam:

  1. Strategi pengelolaan yang sistematis, kreatif, dan terfokus pada kepentingan masyarakat
  2. Menghadapi perubahan serta lingkungan global secara dinamis, profesional, dan visioner
  3. Bidang manajemen dan kepemimpinan yang berlandaskan budaya Indonesia, berwawasan kebangsaaan dan kewirausahaan kreatif (creativeprepreneurship)
  4. Kerja secara lintas-ilmu, lintas-budaya, serta ekonomi kreatif
  5. Memahami perubahan dan perkembangan lingkungan sosial, budaya, politik

Kompetensi

Diharapkan, semua lulusan memiliki kompetensi untuk:

  1. Mengembangkan apresiasi dan interpretasi  seni budaya lokal
  2. Memberikan kontribusi pada pengembangan dan implementasi kebijakan seni budaya
  3. Mampu menganalisis dan memahami peran pemasaran dalam posisi organisasi kesenian untuk menarik audiens dan penyandang dana dari berbagai sumber
  4. Mampu menganalisis dan memahami pengelolaan budaya, seni, dan pariwisata
  5. Mampu menganalisis dan memahami regulasi nasional maupun internasional dalam seni budaya
  6. Meningkatkan dan mempromosikan seni budaya Indonesia ke tingkat internasional
  7. Mengimplementasikan etika, inovasi, dan efektivitas  dalam ekonomi kreatif

Struktur Organisasi Prodi Strata Satu Tatakelola Seni

Ketua Jurusan/ Prodi      : Yohana Ari R., S.E., M.Si.

Sekretaris                          :  Arinta Agustina, S.Sn., M.A.

Staf Pengajar Tetap         :

  1. Dr. I Wayan Dana, SST., M. Hum.
  2. Kholid Arif Rozaq, S. Hut., MM.
  3. Mikke Susanto., S. Sn., M.A.
  4. Sudjud Dartanto, S.Sn., M.Hum.
  5. Arinta Agustina Hamid, S.Sn., M.A.
  6. Trisna Pradita Putra, S.Sos.,M.M.

Staf Pengajar Tidak Tetap:

  1. Drs, Koes Yuliadi, M. Hum.
  2. Kardi Laksono, M. Fil.
  3. Umar Hadi, M.S.
  4. Hartoto Indra, M.Sn.
  5. Novi Mayasari, SH., LLM.
  6. Hangga Hardika, S.Sn., M.Des.
  7. Heningtyas Widowati, S.Pd.
  8. Retno Purwandari, S.S., M.A.
  9. AG Hartono, M.Sn.
  10. Cira Aryandari, M.A.
  11. Munir, S.Fil., M.Phil.
  12. Widyatmoko, S.Sn, M.Sn.
  13. Terra Brajagosa, S.Sn., M.Sn
  14. Agung Wicaksono, S.Sn., M.Sn
  15. Suwarno Wisetrotomo, M.Hum
  16. Gogor Bangsa, S.Sn., M.Sn

Tim Task Force

  1. Yohana Ari, SE., M. Si.
  2. Arinta Agustina, S.Sn., M.A.
  3. Mikke Susanto., S. Sn., M.A.
  4. Kholid Arif Rozaq, S. Hut., MM.
  5. Trisna Pradita Putra, S.Sos.,M.M. (Sekretaris)

Capaian Pembelajaran

Lulusan Program Studi Tatakelola Seni diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam organisasi seni bisnis maupun non bisnis berskala nasional maupun internasional dengan jiwa kewirausahaan. Pendidikan di Program Studi Tatakelola Seni memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat memperoleh dan menunjukkan outcomes pembelajaran sebagai berikut:

Aspek Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Merkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlianya;
  2. Mampu menunjukan kinerja mandir, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlianya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritk seni;
  5. Mampu menyusun deskripsi saintifk hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengungahnya dalam laman perguruan tinggi;
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlianya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  8. Mampu bertangung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tangung jawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi dir terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tangung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandir;
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Keterampilan  Khusus

  1. Memiliki pengetahuan dan analisis pengelolaan seni budaya dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip dasar manajemen;
  2. Mampu menggunakan teknologi komunikasi dan informasi dalam mengelola seni;
  3. Memiliki pengetahuan dan analisis kurasi seni budaya;
  4. Mampu menuangkan ide dan konsep pengelolaan seni;
  5. Memiliki pengetahuan dan analisis pengarsipan/pendokumentasian seni budaya;
  6. Mampu menuangkan pemikiran sebagai pengamat dan kritikus seni;

Aspek Pengetahuan:

  1. Menguasai teori, unsur-unsur, dan prinsip-prinsip dasar manajemen dalam pengelolaan seni budaya;
  2. Mampu menyelesaikan berbagai permasalahan pengelolaan seni dengan menggunakan teori manajemen, dan seni secara umum;
  3. Mampu mengevaluasi, mengkaji metodologi dan prinsip tahapan perencanaan pengelolaan seni;
  4. Menguasai prinsip-prinsip manajemen  dan pendokumentasian pengelolaan seni;
  5. Mampu mengkaji berbagai faktor lingkungan, baik internal maupun eksternal dan pengaruhnya terhadap strategi dan perilaku dalam pengelolaan seni;

 

Share This:

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 Sofarider Inc. All rights reserved. WordPress theme by Dameer DJ.